Beranda Karawang Bendungan Cibeet dan Cijurey Siap Dibangun, BPBD Karawang Sambut Baik

Bendungan Cibeet dan Cijurey Siap Dibangun, BPBD Karawang Sambut Baik

Bpbd karawang bendungan cibeet
BPBD Karawang sambut baik pembangunan bendungan Cibeet dan Cijurey yang dilakukan oleh Kementerian PUPR.

KARAWANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang sambut baik pembangunan bendungan Cibeet dan Cijurey yang dilakukan oleh Kementerian PUPR.

Pasalnya, bendungan tersebut dinilai akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Karawang.

Utamanya bagi warga Karangligar yang kerap menjadi langganan banjir akibat luapan air dari Sungai Citarum dan Sungai Cibeet.

Baca juga: TPS Liar Makin Banyak, Pejabat DLH Karawang Ngaku Kewalahan: Bak Lingkaran Setan

“Alhamdulillah, dengan dibangunnya dua bendungan ini artinya akan ada pengendalian air, khususnya di Sungai Cibeet di hulu, yang akan berdampak pengurangan debit ke hilir,” ujar Kepala BPBD Karawang, Mahpudin saat diwawancarai pada Jumat, 31 Mei 2024.

Ia menjelaskan, pengendalian air di hulu dapat mengurangi peluapar air di anak sungai Cibeet yang langsung menuju ke Desa Karangligar.

Dipaparkannya, bahwa di bawah bendungan yang sedang dibangun ini terdapat anak sungai yang mengalir ke Cibeet, diantaranya; Sungai Ciomas, Sungai Cigentis, Sungai Cicangor Pangkalan, Sungai Cipamingkis, dan sungai-sungai kecil lainnya yang juga mengalir ke Cibeet.

Baca juga: Kecelakaan di Gerbang Exit Tol di Karawang, Truk Tronton Seruduk 2 Minibus hingga Terjepit

“Paling tidak ada upaya Pemerintah Pusat untuk dapat mengendalikan resiko banjir dari Sungai Cibeet di Daerah Cariu, sehingga bisa mengendalikan aliran sungai mulai dari hulu, berikut anak sungainya,” paparnya.

Sebagai informasi, bendungan Cibeet dan Cijurey ini digarap oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan total anggaran Rp9,2 triliun.