Beranda Karawang Blusukan ke SDN Wanajaya III, UBP Karawang Tularkan Semangat Belajar ke Para...

Blusukan ke SDN Wanajaya III, UBP Karawang Tularkan Semangat Belajar ke Para Siswa

KARAWANG – Prodi Akuntansi bersama Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang melaksanakan pengabdian masyarakat Tri Dharma perguruan tinggi di SDN Wanajaya III, Desa Cilele, Kecamatan Telukjambe Timur, kabupaten Karawang.

Kegiatan ini dinamakan “KEJARLAH” dengan tema “Menumbuhkan Kreativitas dan Pola Berpikir Secara Tematik Melalui Learn By Playing”.

Hadir dalam acara tersebut, Kaprodi Akuntansi, Yanti, SE,M.Ak dan para dosen akuntansi UBP yaitu Thomas Nadeak.,SE.MM, Acim Supriadi,SE.,MM, Dhea Imroatul Fatihah ,SE.,M.Ak, Hendri Nur Ardiansyah ,SE.,M.Ak.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dimulai dari perencanaan dan persiapan yang dirancang oleh Departemen Penalaran dan Keilmuan yang berada di bawah naungan HIMAKUN UBP Karawang.

Sebelum pelaksanaan, panitia telah menyiapkan beberapa hal seperti membuat surat izin, pelaksanaan kegiatan, merancang materi, menyiapkan peralatan, serta beberapa teknis yang akan berjalan selama hari H berlangsung.

Kegiatan dimulai dengan pemberian kata sambutan oleh Ibu Yanti, SE,M.Ak selaku Kaprodi Program Studi Akuntansi. Selanjutnya sambutan dari Nurhalimah selaku Ketua Departemen Penalaran dan Keilmuan HIMAKUN, dan dilanjutkan oleh para relawan-relawan SDN Wanajaya lll , yang kemudian disambung dengan sesi foto bersama.

Departemen Penalarandan Keilmuan, Nurhimah menyampaikan, tujuan pihaknya memilih SDN Wanajaya lll untuk menjadi lokasi pengabdian karna beberapa hal pertimbangan.

“Hal pertama yaitu karena SDN Wanajaya lll masih banyak kekurangan dari segi fasilitas sekolah, contohnya seperti meja dan kursi duduk yang masih sangat terbatas sehingga beberapa kelas belajar dengan lesehan, maupun belajar di posko dan mesjid, buku bacaan, buku teori, buku paket, kamus bahasa masih sangat minim,” ujarnya.

Dikatakannya, kondisi kelas pun masih belum layak ditempati karna mengalami kerusakan. Kemudian juga di SDN tersebut tidak ada guru tetap yang mengajar dan hanya mengandalkan relawan-relawan di sekolah.

Baca Juga :   Webinar KKN 2021 Unsika: Sosialisasi Literasi Pendidikan Jasmani Berbasis E-Learning

“Ketiga karena tempatnya yang pelosok, jalan yang curam dan rusak tetapi siswa/i di SDN Wanajaya lll ini sangat bersemangat untuk sekolah demi meraih masa depan yang cerah dan menggapai cita-citanya,” paparnya.

Selanjutnya, Para Dosen dan Mahasiswa/i langsung terjun mengajar anak kelas 1-6 SD.

Kaprodi Program Studi Akuntansi, Yanti mengatakan, ketika pembelajaran dimulai para dosen dan mahasiswa banyak menemukan sekali siswa/i yang masih belum bisa membaca dan menulis. “Tetapi kami menyadari karena kondisi SDN Wanajaya III yang masih sangat membutuhkan sekali seperti meja, tenaga pengajar dan tempat yang masih kurang layak sekali untuk dijadikan tempat proses belajar dan masih banyak lagi,” kata dia.

“Ketika proses pembelajaran Siswa/I SDN Wanajaya III berakhir, Kaprodi dan Dosen Akuntansi UBP pun memberikan nasihat kembali kepada para siswa/I SDN Wanjaya III agar untuk tetap semangat belajar dan diberi souvenir seperti buku, alat tulis dan tempat pensil,” sambungnya.

Dalam kegiatan tersebut, diakuinya UBP Karawang mencoba untuk ikut melengkapi fasilitas yang masih kurang di SDN Wanajaya lll Desa Cilele kecamatan Telukjambe Timur, kabupaten Karawang.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis H.Budi Rismayadi menyampaikan, pengabdian kepada masyarakat ini akan dilaksanakan pada setiap bulan sekali, yang lebih tepatnya pada hari kamis awal bulan oleh Departemen Penalaran dan Keilmuan dan juga anggota – anggota dari HIMAKUN UBP serta melibatkan mahasiswa delegasi dari berbagai kelas di Prodi Auntansi dan jugadi hadiri oleh beberapa dosen – dosen Prodi Akuntansi UBP.

Ia harapkan kegiatan kali ini dapat memberi manfaat kepada adik-adik kami di SDN Wanajaya III dan membuka pikiran akan pentingnya pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul serta masa depan yang cerah.

Baca Juga :   Serius Ciptakan Tenaga Kerja Handal, SMK Indonesia Mas Teken MoU Bareng 10 Hotel Karawang-Purwakarta

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah skil pengalaman Mahasiswa Prodi Akuntansi dalam mendidik anak sekolah serta belajar memberikan pengalaman dan ilmu yang di dapatkan pada saat jenjang sekolah sampai kuliah pada Siswa/i di SDN Wanajaya lll,” pungkasnya. (rls)

Artikel sebelumnyaGMBI Karawang Desak Polisi Buru Pelaku Bentrokan yang Akibatkan Anggotanya Tewas
Artikel selanjutnyaKecewa Usahanya Diganggu Oknum, Loyalis H. Ali Gelar Aksi Damai di Karawang