Beranda Karawang Cegah Abrasi, PT Sumi Rubber Indonesia Tanam 2.500 Mangrove di Pesisir Karawang

Cegah Abrasi, PT Sumi Rubber Indonesia Tanam 2.500 Mangrove di Pesisir Karawang

KARAWANG – Abrasi sempat melanda sejumlah pesisir Kabupaten Karawang awal Desember 2022 kemarin. Bahkan beberapa diantaranya sampai meringsek sejumlah pemukiman warga dan material wisata pesisir di sejumlah lokasi sebagai dampak rob yang di timbulkan.

Mengantisipasi bencana abrasi meluas dalam jangka panjang, direksi PT Sumi Rubber Indonesia (Dunlop) bersama puluhan siswa SMK Trimitra Kecamatan Kotabaru, melakukan gerakan penanaman bibit mangrove di pesisir Karawang, tepatnya di bibir pantai Tanjung Baru perbatasan Desa Pasirjaya – Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Kamis (23/12/2021).

Manager Safety and Environment PT Sumi Rubber Indonesia Yan Uripandra mengatakan, gerakan penanaman mangrove di pesisir Karawang sudah di lakukan pihak perusahaan sejak 2009. Kali ini merupakan gerakan untuk kali ke 11 yang di lakukan perusahaan dalam rangka kepedulian dan kontribusi terhadap lingkungan, khususnya pencegahan abrasi pantai pesisir Karawang. Secara rutin, lokasi penanaman yang melibatkan puluhan siswa SMK Trimitra Kotabaru ini, di tanam pada lahan pesisir Tanjung Baru perbatasan Desa Pasirjaya – Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon dengan jumlah bibit mangrove sebanyak 2.500 batang.

“Penanaman 2.500 batang mangrove ini dilakukan dalam rangka aktivitas tahunan pabrik sebagai wujud kepedulian dan konstribusi terhadap lingkungan khususnya pada abrasi pantai,” jelasnya.

Yan menambahkan, gerakan tanam mangrove bersama para siswa SMK ini di lakukan, karena mereka merupakan generasi muda yang di harapkan bisa menjadi pemuda yang cinta lingkungan dan bisa membantu mengatasi abrasi di pantai Utara Karawang.

“Kita ajak para siswa supaya mereka juga belajar mencintai lingkungan di usia sekolah untuk sama-sama membantu pencegahan abrasi di masa mendatang,” katanya.

Hadir dalam kesempatan gerakan penanaman mangrove tersebut, penyelia tanaman mangrove, sejumlah manajemen SMK Trimitra Kota Baru dan aparat desa setempat. Sebelum gerakan penanaman di mulai di bibir pantai pada pukul 10.00 wib, para siswa dan peserta yang hadir sebelumnya dilakukan tes swab antigen pencegahan Covid-19. (kii)