Beranda Karawang Cerita Sri Sunarti, Gadis Karawang yang Jago Ngelas Besi Hingga Bersertifikat 6G

Cerita Sri Sunarti, Gadis Karawang yang Jago Ngelas Besi Hingga Bersertifikat 6G

KARAWANG – Las yang identik dengan lak-laki nampaknya tak berlaku bagi sosok gadis ini. Percikan nyala api las tak membuatnya kikuk.

Adalah Sri Sunarti, sosok gadis alumni SMK PGRI Telagasari, yang dengan kompetensi Teknik Pengelasan (TPL) yang dimilikinya, justru mengantarkannya mendapat sertifikasi 6G, level tertinggi teknik pengelasan dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan (Kemenperindag).

Sri, merupakan perempuan satu-satunya di Karawang yang mendapat sertifikat langsung dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKs) Kampuh Welding Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Diungkapkannya, awalnya ia merasa ragu untuk ikut LPKs di kampuh Welding Cikarang, sebab hanya dia satu-satunya perempuan di lembaga pelatihan tersebut. “Pelatihannya pas tanggal 12 Agustus sampai 14 September kemarin. Awalnya sih kurang pede, soalnya gak ada temen perempuan, tapi demi menambah ilmu dan wawasan, alhamdulillah bisa menuntaskan pelatihan dan dapat sertifikat 6G,” tutur dia.

Bukan tanpa dasar, kebanggaannya mendapat sertifikasi 6G ini dikarenakan sama sekali tanpa biaya, sebab dibiayai gratis oleh Kementerian berkat andil pihak sekolah.

“Jika dilakukan secara mandiri, pelatihan welding tersebut bisa memakan biaya hingga Rp18 Juta,” ungkap dia, Senin (9/6).

Soal ketertarikannya pada pengelasan, papar Sri, itu berawal dari saat dia akan lulus SMP. Tak muluk-muluk, ia hanya terdorong oleh rasa penasaran.

Hingga saat ini, seiring berjalannya waktu, proses belajar dari pemula 1G, 3G, 4G hingga 6G akhirnya dilaluinya dengan baik di sekolah.

“Saya ucapkan terimakasih kepada SMK PGRI Telagasari yang sudah memfasilitasi TPL dan menjadikan alumni TPL bisa terus menghasilkan karya terbaik.”

“Ke depannya, dengan sertifikasi 6G ini, saya ingin berlanjut ke perguruan tinggi dengan fakultas welding. Atau kalau ada kesempatan, pingin juga bekerja di perusahaan kontruksi yang mapan,” harap Sri. (kie)

Artikel sebelumnyaPerkuat Peran BK, DPRD Kabupaten Cirebon Belajar di Karawang
Artikel selanjutnyaHebat, SMK PGRI Telagasari Sabet Juara 3 LKS Welding se-Jawa Barat