Beranda Headline Dinilai Miskin Gagasan, Lomba Tiktok Dinkes Karawang Tuai Kritikan Pedas

Dinilai Miskin Gagasan, Lomba Tiktok Dinkes Karawang Tuai Kritikan Pedas

Tangkapan layar lomba video tiktok instagram @dinkeskab.karawang

KARAWANG – Lomba video Tiktok yang diinisiasi Dinas Kesehatan Karawang dalam peringatan HUT Karawang ke-389 menuai kritikan pedas dari kalangan seniman.

Lomba video Tiktok menggambarkan kemiskinan ide pemerintah dalam merayakan hari jadi Karawang.

“Kami melihatnya sangat miris. Ulang tahun Karawang itu memperingati terjadinya pemerintahan Kabupaten Karawang. Harusnya dianggap sakral. Kalaupun mau memeriahkan, harusnya membuat kegiatan yang sifatnya mengenang berdirinya Kabupaten Karawang. Kalaupun ada hiburan, harusnya hiburan yang sifatnya edukasi yang berkaitan dengan keberadaan Kabupaten Karawang,” kata Paguyuban Seniman Jawa Barat Nace Permana, Minggu (28/8) kepada wartawan.

Baca juga: Bikin Rugi Masyarakat, PLN Diminta Jangan Blunder Lagi Putus Listrik Perumdam Karawang

Alih-alih lomba Tiktok, banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk memperingati hari jadi Karawang. Seperti misalkan parade budaya, lomba permainan tempo dulu, dan Sendratari (seni drama dan tari).

“Sendratari bisa saja dibuat. Misalkan pertunjukan perjuangan Singaperbangsa saat mendirikan Karawang. Lomba Tiktok ini kan kesannya kurang mendidik,” sambungnya.

Masih kata Nace, pemerintah juga bisa membuat hiburan rakyat misalkan dengan membuat lomba liwet 309 desa. Lomba liwet memiliki banyak makna ketimbang lomba Tiktok.

Nilai-nilai yang bisa dipetik dari lomba liwet, kata Nace, misalnya kekompakan dan rasa persaudaraan.

Paguyuban Seniman Jawa Barat meminta para pejabat mundur saja daripada jadi beban rakyat. Sebab, untuk menyelenggarakan kegiatan ulang tahun saja tidak bisa. Padahal lomba memakai APBD yang bersumber dari masyarakat Karawang.

“Kalau miskin ide, ngobrol dong dengan masyarakat. Minta saran kegiatan memperingati HUT Karawang,” sambungnya.

Pemkab Karawang mesti belajar dari peringatan ulang tahun daerah lain. Misalkan di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kertanegara. Atau di Kabupaten Bekasi.

“Kami diundang ke Tenggarong untuk memperingati ulang tahun Kutai Kertanegara. Mereka merayakan ulang tahun dengan mengadakan lomba tari sedunia. Seniman di Karawang juga diundang ke lomba Pencuk Jawara se-nusantara saat peringatan hari ulang tahun Kabupaten Bekasi. Coba tiru idenya yang kreatif,” tutupnya.

Seperti diketahui, Dinkes Karawang menyelenggarakan lomba Tiktok untuk memperingati HUT Karawang dengan tema Remaja Sehat Keren & Cerdas. Total hadiah lomba ini sebesar Rp 10 juta.