Beranda Headline Disdikpora Karawang Klaim Sudah Bentuk Satgas TPPK di Setiap Sekolah

Disdikpora Karawang Klaim Sudah Bentuk Satgas TPPK di Setiap Sekolah

Disdikpora karawang klaim bentuk satgas tppk
Plt Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Karawang, Dalip.

KARAWANG – Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang mengklaim sudah membentuk satgas Tim Pencegahan dan Penanganan Tindak Kekerasan (TPPK) di Kabupaten Karawang di setiap sekolah.

Hal ini meyusul banyaknya kritikan ihwal pembentukan satgas anti kekerasan di lingkungan pendidikan.

“(Satgas TPPK) di semua lini sudah terbentuk semua baik di tingkat PAUD, SD maupun SMP. Tinggal mengoptimalkan tugas dan fungsinya,” ujar Dalip, Plt Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Karawang saat diwawancarai pada Senin, 27 November 2023.

Dalip menyebutkan, seluruh sekolah di bawah naungan Disdikpora Karawang diwajibkan membentuk satgas anti kekerasan atau TPPK.

Saat ini jumlah yang telah terbentuk antara lain, 852 di tingkat SD Negeri, 89 di tingkat SMP Negeri dan 1441 di tingkat PAUD.

“Di tiap-tiap satuan pendidikan itu disuruh bikin SK tim, dan sudah pada menyetor sekolah-sekolah PAUD, SD, SMP yang ada di Karawang,” paparnya.

Kata Dalip, meskipun sudah terbentuk merata, hingga saat ini satgas TPPK tersebut belum berjalan dan sedang proses optimalisasi.

Kepada para satgas, ia berpesan untuk bersama-sama mencegah dan menanggulangi kejadian bulying ataupun kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan pendidikan.

“Untuk para satgas tolonglah, sesuai tugas dan fungsinya, bekerjasama untuk menjaga kejadian-kejadian yang terjadi, jangan terjadi lagi bulying atau kekerasan terhadap anak. Optimalkan dalam bekerja, pengawasan itu terjadi dengan terbentuknya TPPK,” pungkasnya. (*)