Beranda Headline Dorong Regenerasi Petani, Pupuk Kujang Libatkan Mahasiswa di Program Makmur

Dorong Regenerasi Petani, Pupuk Kujang Libatkan Mahasiswa di Program Makmur

Regenerasi petani pupuk Kujang
Sejumlah mahasiswa mengikuti program makmur yang digagas Pupuk Kujang.

“Selain berkecimpung di onfarm, para mahasiswa ini juga bisa mempraktikkan ilmunya untuk memasarkan komoditas secara online. Ini adalah kesempatan praktik yang produktif,” kata Darso.

Baca juga: PIQI 2022: Momentum Pupuk Indonesia Tingkatkan Kontribusi untuk Negara

Terjunkan 100 Mahasiswa ke Seluruh Jabar dan Banten

Di kesempatan ini, ungkap Darso, sebanyak 100 mahasiswa dari Jurusan Agroteknologi dan Agrobisnis akan disebar ke seluruh Jawa Barat dan Banten. Mereka akan dibimbing Tim Makmur Pupuk Kujang untuk mendampingi petani.

“Mahasiswa ini akan punya pengalaman menangani komoditas padi, tebu, nanas, lemon dan berbagai jenis tanaman holtikultura,” kata Darso.

Program Makmur merupakan program strategis Pupuk Indonesia (Persero) dan dijalankan seluruh anak perusahaannya. Program yang diresmikan Menteri BUMN, Erick Thohir ini, merupakan upaya menghadirkan solusi andal bagi petani.

Dalam program ‘Makmur’, petani diberikan pendampingan intensif saat melakukan budidaya pertanian berkelanjutan. Tak hanya itu, petani pun dimanjakan dengan pengarahan rantai pasok yang didukung teknologi.

Melalui program ‘Makmur’, petani mendapat paket lengkap mulai dari olah lahan, analisa tanah, lalu diaplikasikan pupuk yang pas karena ada target produksi yang dicapai. Dengan program ini, petani akan didampingi agronom-agronom handal dan diarahkan melakukan pemupukan dengan tepat. Tentu memperhatikan timing dan dosis. (rls)