Beranda Headline Dorong Regenerasi Petani, Pupuk Kujang Libatkan Mahasiswa di Program Makmur

Dorong Regenerasi Petani, Pupuk Kujang Libatkan Mahasiswa di Program Makmur

Regenerasi petani pupuk Kujang
Sejumlah mahasiswa mengikuti program makmur yang digagas Pupuk Kujang.

KARAWANG – Pupuk Kujang terus berupaya mendorong regenerasi petani melalui kolaborasi antara dunia pendidikan dengan program Makmur.

“Bentuk kolaborasi itu adalah melibatkan mahasiswa pertanian di Program Makmur. Supaya mahasiswa pertanian menyelami langsung dunia pertanian secara menyeluruh. Mulai dari pendampingan budidaya hingga pascapanen,” kata Syaiful Rodhian Achmad, dari Tim Makmur Pupuk Kujang, Jumat (7/10/2022).

Syaiful menuturkan, dalam program ini, mahasiswa bisa punya pengalaman untuk berinteraksi langsung dengan petani, dan dibimbing agronom Pupuk Kujang untuk menyediakan solusi untuk memecahkan masalah petani.

“Sehingga bisa mengaplikasikan ilmunya di kehidupan nyata. Mempraktikkan teori yang dipelajari dari kampus di ladang dan sawah petani,” kata Saiful.

Baca juga: Bantu Transformasi RSUD Karawang Lewat CSR, Bupati: Terimakasih Pupuk Kujang

Menurut Saiful, regenerasi petani yang digagas Pupuk Kujang ini tak lepas dari gejala krisis petani muda yang menghantui Indonesia saat ini. Minimnya minat anak muda berkecimpung di dunia pertanian dikhawatirkan bisa menyulitkan misi negara menuju swasembada pangan.

“Mudah-mudahan setelah terjun di program Makmur dan terlibat langsung dengan petani-petani yang sukses, adik-adik mahasiswa ini berminat menjadi petani moderen,” Syaiful menambahkan.

Dunia pendidikan pun menyambut baik program ini. Darso Sugiono, Wakil Dekan Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang menuturkan, program ini bisa mengajak mahasiswa berfikir kritis dan membuat solusi untuk masalah petani.

“Karena saya lihat Program Makmur ini isinya serangkaian solusi untuk petani mulai dari budidaya sampai pemasaran. Sehingga, petani sukses bertani dan lebih sejahtera,” kata Darso.