Beranda Regional Gusdurian Gelar Haul Wafatnya Gusdur ke-10

Gusdurian Gelar Haul Wafatnya Gusdur ke-10

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Gusdurian Karawang menggelar Haul Wafatnya KH. Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gusdur yang ke-10 di Water Park Grand Taruma Karawang, Sabtu (04/01).

Ratusan warga hingga sejumlah tokoh pun turut menghadiri acara tersebut. Di antaranya yakni, Rois Syuriah PCNU Karawang KH. Ade Fatahillah, Ketua PCNU Karawang KH. Ahmad Ruhyat Hasby, Mantan Ketua KPUD Karawang Emay Ahmad Maehi, Gus Haris, Gus Wahid, Aking Saputra, dan para pemuka agama dari lintas iman. Kemudian ada pula, Staf Khusus Presiden RI, Aminuddin Ma’ruf.

Dalam sambutannya, Koordinator Gusdurian Karawang, Ahmad Rohiman mengatakan Haul kali ini mengangkat kebudayaan ala Gus Dur dengan tema ‘Kebudayaan Melestarikan Kemanusiaan’.

Menurutnya, sosok Gus Dur merupakan inspirasi yang pemikirannya masih sangat relevan untuk menjawab permasalahan dan tantangan bangsa Indonesia hari ini.

“Gagasan dan konsep kebudayaan Gus Dur telah menjadi rujukan penting bagi para pemikir dan pelaku budaya. Karena kehidupan kemanusiaan tak akan lepas dari kebudayaan.” tutur Rohiman.

Lebih lanjut Rohiman memaparkan, Seperti dalam konteks sosial, agama dan politik, keberpihakan Gus Dur terhadap kebudayaan yang termarjinalkan juga memiliki ruang tersendiri. Yang juga turut memberi warna dan memperkaya nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan.

“Tema ini juga berkaitan langsung dengan quotes Gus Dur yang mengatakan Kebudayaan Melestarikan Kemanusiaan,” tandasnya.(nna/dhi)