Beranda Regional Prihatin ! Sandang Kota Layak Anak, Justru Banyak Anak Kecil Jadi Pengemis...

Prihatin ! Sandang Kota Layak Anak, Justru Banyak Anak Kecil Jadi Pengemis di Karawang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID  – Memprihatinkan, sejumlah anak-anak kecil berkeliaran di lampu merah Jalan Lingkar Tanjung Pura, Karawang Barat, Kabupaten Karawang.

Kehadiran anak-anak kecil tersebut, Bukan untuk bermain, melainkan mengemis.

Dari pantauan Tvberita.co.id dilapangan, anak-anak ini mengais rezeki dengan cara meminta – minta dari para pengendara yang berhenti, menunggu lampu lalu lintas berubah warna menjadi hijau.

Kondisi ini tentu saja mengundang keprihatinan warga sekitar dan pengguna jalan.

Salah seorang warga Kelurahan Tanjung Mekar, Rusli (40 thn) mengaku prihatin melihat banyaknya pengemis cilik yang ada di lampu merah itu. Apalagi pengemis tersebut masih berusia 5 sampai enam tahun.

Dan yang paling memprihatinkan lagi, orang tuanya sendiri yang mengajak mereka untuk mengemis. Mereka disuruh meminta-minta ketika kendaraan berhenti.

“Coba lihat disebrang sana ibu mereka asik duduk-duduk sambil mengobrol, sementara anak- anaknya disuruh meminta- minta. Kasihannya kalau hujan, anak- anak ini tetap saja mengemis, kasihan,” kata Rusli merasa iba.

Tidak hanya beberapa pengemis cilik, anak- anak jalanan pun nampak marak mangkal di lampu merah.

Salah satu pengendara, Amir (35 thn) mengaku prihatin dengan kondisi itu.

Dia pun berharap ada pembinaan dari instansi terkait. Karena anak-anak kecil itu seharusnya bisa mendapatkan pendidikan dan menikmati kebahagian masa kecil mereka dengan bermain bukannya menjadi pengemis.

Termasuk juga pembinaan kepada anak- anak jalanan, mereka memang tidak mengganggu, hanya saja di kota sebesar ini tentu bukan pemandangan yang elok jika setiap lampu merah di penuhi oleh Gepeng, apalagi anak- anak,” ulasnya menjelaskan.

“Kami berharap ada tindakan tegas dari instansi terkait untuk menertibkan pengemis yang mangkal di lampu merah. Orang tuanya juga dibina agar tidak mengeskploitasi anaknya,” tandasnya.(nna/dhi)