Beranda Headline Komitmen UBP Karawang Implementasikan MBKM, Mahasiswa Bisa Berkarir Sejak di Kampus

Komitmen UBP Karawang Implementasikan MBKM, Mahasiswa Bisa Berkarir Sejak di Kampus

Program MBKM UBP Karawang
UBP Karawang menggelar Workshop Program MBKM dan Kurikulum OBE di Aula UBP Karawang, Rabu (6/12).

KARAWANG – Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang berkomitmen implementasi program Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) dan Kurikulum Outcome-Based Education (OBE) berjalan dengan baik.

Hal itu terlihat dalam workshop program MBKM dan bimbingan teknis Kurikulum OBE untuk seluruh akademika, mulai dari dekan, kaprodi sampai dosen di Aula UBP Karawang pada Rabu, 6 Desember 2023.

Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. Dedi Mulyadi, SE., MM., mengatakan, dalam workshop tersebut, UBP mengundang dua narasumber, yaitu Wakil Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba) Prof. A. Harist. Nu’man Ph.D. IPU dan Rektor IKIP Siliwangi Bandung, Prof. Dr. H. Heris Herdiana MPd.

Baca juga: Kedubes Kuwait-UBP Karawang Jajaki Potensi Kerjasama Pendidikan

Regulasi terkait program MBKM sendiri tertuang dalam Permendikbudristek nomor 2 tahun 2020, di mana penerapan MBKM ini dimaksud agar mahasiswa/i mengasah kemampuan secara mandiri dengan terjun langsung ke dunia kerja di luar pembelajaran kampus.

“Dan tentunya penerapan MBKM ini didampingi langsung oleh para dosen, sehingga model penerapan MBKM harus dipahami oleh seluruh akademika kampus,” kata Rektor, Kamis, 7 Desember 2023.

Prof. Ir. A. Harits Nu’man, M.T., Ph.D., IPM, menerangkan, mahasiswa yang mengikuti kegiatan praktik lapangan sesuai program MBKM, akan dikonversi menjadi SKS (sistem kredit semester).

“Artinya, mahasiswa yang sambil bekerja atau mengikuti pemagangan di luar kampus, juga bisa mendaftarkan diri agar dikonversi menjadi 20 SKS atau satu semester perkuliahan,” papar dia.