Beranda Regional Kopi Asal Subang Sukses Go Internasional, Kini Disiapkan Jadi Komoditas Unggulan

Kopi Asal Subang Sukses Go Internasional, Kini Disiapkan Jadi Komoditas Unggulan

Kopi subang go internasional
Foto ilustrasi petani memetik kopi. (Ist)

SUBANG – Produksi kopi asal Kabupaten Subang, Jawa Barat kini sudah menembus pasar mancanegara alias go internasional. Karenanya pemerintah setempat akan menjadikan kopi sebagai salah satu komoditas pertanian unggulan.

Kepala Dinas Pertanian Subang, Nenden Setiawati menuturkan jika Subang saat ini menjadi salah satu daerah penghasil kopi terbaik. Hal itu dibuktikan dengan produk kopi yang diekspor ke beberapa negara timur tengah.

“Sekarang ini Subang menjadi salah satu daerah dengan produksi kopi terbaik. Itu dibuktikan dengan ekspor kopi ke mancanegara, salah satunya ke Dubai,” kata Nenden Setiawati, saat kegiatan Festival Kopi dan Produk Pertanian, di Subang belum lama ini.

Baca juga: Mau Kulineran di Karawang? Belum Lengkap Kalau Belum Cobain 7 Makanan Khas Ini

Ia menyampaikan, lahan pertanian yang ditanami komoditas kopi di Subang tersebar di sejumlah daerah. Di antaranya di Kecamatan Ciater, Kasomalang dan di daerah sekitar Tanjungsiang.

“Jadi ke depannya kami akan mengembangkan kopi robusta dan arabika agar menjadi produk unggulan di Subang,” katanya.

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara penghasil kopi ketiga setelah Brazil dan Vietnam, dengan raihan 11,7 juta kantung pada tahun 2022.

“Jadi memang potensi kopi di Indonesia ini sangat memiliki peluang tinggi menjadi produk unggulan” katanya.

Baca juga: Siap-siap Melamar, Pemkab Subaong Buka Lowongan 300 Formasi PPPK

Ia mengatakan, kegiatan Festival Kopi ini merupakan bagian dari upaya pemkab untuk terus mengenalkan cita rasa kopi asal Subang. Jadi kegiatan itu harus memiliki korelasi dengan produktivitas para petani.

“Semoga kopi asal Subang ini bisa lebih dikenal lagi dan bisa diterima di pasar seluruh negara,” katanya.

Sementara itu, pada Mei 2023 lalu, Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, melepas ekspor puluhan ton komoditas kopi asal Subang ke dua negara di Timur Tengah, yakni Mesir dan Lebanon.

Jumlah kopi yang diekspor ini masing-masing sebanyak 25 ton ke dua negara di Timur Tengah tersebut. (*)