Beranda Karawang Melihat Persiapan Paskibraka Karawang Jelang Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Melihat Persiapan Paskibraka Karawang Jelang Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Paskibraka karawang hut ke-78 ri
Paskibraka Karawang terus mematangkan persiapan jelang upacara HUT ke-78 kemerdekaan RI.

KARAWANG – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan Pasukan TNI Kabupaten Karawang terus mematangkan persiapan jelang upacara HUT ke-78 Republik Indonesia (RI).

Pematangan melalui pelatihan baris berbaris secara intensif tersebut dipusatkan di lapangan Karangpawitan, Karawang.

Pelatih Paskibraka Kabupaten Karawang, Risman Maulana menyebutkan, personil Paskibraka yang sedang berlatih saat ini berjumlah 50 orang dari 37 sekolah yang terjaring.

Baca juga: Tak Jadi Kado HUT ke-78 RI, Uji Coba Kereta Cepat Molor hingga September

“Jadi para pasukan pengibar ini sudah masuk tahap pemusatan latihan sejak tanggal 3 kemarin, dan akan berakhir ditanggal 18 mendatang,” ujarnya kepada tvberita.co.id pada Sabtu, (12/8).

Ia mengulas, proses seleksi hingga rangkaian pelatihan sudah berlangsung sejak akhir Februari 2023. Kemudian, dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan gladi bersih gabungan.

“Kamis kemarin gladi kotor 1, hari ini gladi kotor 2 dan nanti hari Selasa gladi bersih keseluruhan elemen petugas upacara,” paparnya.

Risman menjelaskan, jenis (gerakan) paskibra yang digunakan para pengibar adalah perpank dan formasinya terdiri dari pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45 sesuai dengan filosofi kemerdekaan.

“Mereka sudah terlatih semi militer, pelatihannya dari unsur Kodim 305, Polres hingga pol PP. Semoga dengan pelatihan gabungan yang lebih cepat ini, pengibaran di hari H menjadi lebih maksimal,” jelasnya.