Beranda Karawang Pasar Johar Karawang Raih Peringkat 6 Terbaik se-Jawa Barat

Pasar Johar Karawang Raih Peringkat 6 Terbaik se-Jawa Barat

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID– Pasar Johar Karawang meraih penghargaan sebagai Pasar Rakyat Terbaik dalam gelaran Festival Pasar Rakyat se-Provinsi Jawa Barat, di Bandung, beberapa waktu lalu.

 

Dalam perlombaan yang diikuti sekitar 48 pasar tradisional dari seluruh Kabupaten/Kota se-Jawa Barat ini, pasar Johar Karawang terpilih menduduki peringkat ke-6.

Penghargaan diberikan langsung oleh Ibu Gubernur Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil, berupa piagam penghargaan beserta uang pembinaan dan TV LCD 50′ Inch.

“Alhamdulillah pasar johar menjadi pasar distribusi beras, ikan asin dan sayur terbesar ke-6 se Jawa Barat, sehingga kita mendapatkan penghargaan,” kata Manager Pengelola PT. Senjaya Rezekimas, Novit Muhendar, Selasa (4/12).

Menurut Novit, untuk mendapatkan penghargaan tersebut bukanlah hal yang mudah.

Pasalnya, ada beberapa hal yang menjadi dasar penilaian utama dalam menentukan pasar mana yang berhak mendapatkan penghargaan sebagai pasar rakyat terbaik.

Di antaranya adalah, terkait penataan bangunan, kerapihan dan keamanan, dan yang lebih penting lagi adalah harmonisasi antar 3 elemen: yakni pengelola pasar, asosiasi pedagang pasar dan pemerintah dalam hal ini Disperindag.

Sementara itu, Kabid Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang, Dadang Eka, yang ditemui di tempat yang sama, mengaku ada beberapa pertimbangan yang menjadi rekomendasi pihaknya untuk menyertakan Pasar Johar dalam perlombaan Festival Pasar Rakyat di Bandung, Jawabarat, beberapa waktu lalu.

Yaitu, melihat dari kondisi lingkungan, keamanan dan kebersihan pasar johar yang baik sehingga Disperindag merekomendasikan pasar johar untuk mengikuti perlombaan.

Kepada Tvberita, Dadang Eka menambahkan, di tahun depan pihaknya juga akan mendaftarkan pasar johar untuk mendapatkan sertifikasi SNI agar memenuhi standar pasar yang diperlukan.

“Tahun depan kita akan daftarkan pasar ini untuk mendapatkan sertifikasi SNI dari kementrian Perindustrian, karena pasar johar juga bersih dari tera atau tertib ukur,” pungkasnya. (nna/kie)