Beranda Regional Siswa SMAN 1 Cilamaya Dibekali Ilmu Jurnalistik Dasar

Siswa SMAN 1 Cilamaya Dibekali Ilmu Jurnalistik Dasar

CILAMAYA, TVBERITA.CO.ID- Jurnalistik SMAN 1 Cilamaya (Sacila) kembali gelar Latihan Dasar-Dasar Jurnalistik tahun 2018. Dilaksanakan selama dua hari, bertempat di Kampus SMAN 1 Cilamaya.

Hadir sebagai pemateri Adi Wahadi (Kompas TV), Rudi Sugiri (Radar Karawang), Izzar (Pimred ONTV.Com), Wahyudi (Karawang Bekasi Ekspres) dan Al Amin seorang fotografer asal Banjarmasin.

Ketua Pelaksana, Deni Ramdani menuturkan, di balik tirai progres Jurnalistik Sacila ada lima jurnalis hebat di belakangnya. Dengan kerja keras dan pelatihan yang berkelas, Jurnalistik Sacila menjelma jadi kekuatan baru di sekolah.

“Kami datangkan jurnalis hebat di bidangnya masing-masing. Mulai dari media lokal Karawang hingga media nasional,” ungkap Deni, Minggu (9/8).

Dalam kesempatan tersebut, puluhan anggota Jurnalistik Sacila di asah kemampuan Jurnalisme nya, mulai dari teknik reportase, penulisan berita hingga pengambilan gambar. 

Jurnalis Kompas TV, Adi Wahadi mengaku kagum dan bangga melihat skill Jurnalistik Sacila saat ini. Bahkan, Kang Adi mengaku akan membuat program agar Jurnalistik Sacila bisa belajar langsung dengan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) bersama jurnalis nasional lainnya.

“Nanti saya datangkan Pimred INews TV selaku ketua IJTI Nasional. Juga teman-teman dari TV nasional lain,” ujarnya.

Bersama Kang Adi, Jurnalis Sacila belajar tata cara liputan media televisi atau yang di sebut informasi audio visual. Kang Adi juga mengajarkan trik melakukan siaran dan menjadi reporter TV.

“Saya senang melihat semangat anak-anak SMAN 1 Cilamaya. Mereka luar biasa,” katanya.

Pemateri lain, Kang Rudi Sugiri (Radar Karawang) berpesan, agar anggota Jurnalistik Sacila bisa berpegang teguh pada pedoman jurnalistik yaitu UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik dalam melaksanakan tugas peliputan.

Dalam kesempatan itu, Kang Rudi banyak berbagi ilmu dan pengalaman dengan anggota Jurnalistik Sacila. Terpenting, Kang Rudi terus mendukung untuk mensukseskan generasi Jurnalis Hebat di tahun-tahun berikutnya.

“Jurnalistik Sacila sudah terbukti berhasil mencetak wartawan hebat. Salah satunya sekarang bekerja dengan baik bersama saya di lapangan,” ujarnya.

Sementara, Pimpinan Redaksi ONTV.Com Kang Izzar, berhasil membakar semangat anggota Jurnalistik Sacila dengan menyerukan semangat dan motivasi tinggi kepada junior-juniornya.

“Jadi Jurnalis gak boleh cengeng. Gak takut panas, gak takut hujan. Bersikap profesional dan tidak memihak,” ucapnya.

Terakhir, skill fotography anggota Jurnalistik Sacila di asah habis-habisan bersama sang maestro seni lukis cahaya (Fotography) Kang Amin, yang menempa pendidikan fotographynya dari Kota Padjajaran, Bandung.(KB)