Beranda Headline Tarian Nyi Ronggeng akan Diperlombakan dalam HPN Jabar 2023 di Karawang

Tarian Nyi Ronggeng akan Diperlombakan dalam HPN Jabar 2023 di Karawang

Tarian nyi ronggeng
Dok/istimewa.

KARAWANG – Kreasi Jaipongan Nyi Ronggeng dipastikan bakal menjadi tarian yang akan diperlombakan dalam festival jaipongan pada Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Barat di Kabupaten Karawang yang akan diselenggaran pada 19 – 21 Mei 2023 mendatang di Lapangan Street Carnival Galuh Mas, Karawang.

Informasi tersebut disampaikan langsung Ketua Seniman Jawa Barat, Nace Permana usai mengelar lokakarya Festival Jaipongan persiapan HPN 2023 di Hotel Asialink Premiera Karawang, Sabtu (8/4).

Dalam lokakarya tersebut, kata Nace, ditentukan mengenai teknis perlombaan tarian Nyi Ronggeng untuk dua kategori, yakni pelajar dan umum.

Baca juga: Rangkaian HPN Tingkat Jabar, PWI Karawang Bahagiakan Anak Yatim

“Nanti hasilnya akan kita sampaikan ke publik. Karena memang ini untuk dipublikasikan kepada parancalkn pererta lomba se-Jawa Barat,” kata Nace, Minggu (9/4).

Diketahui, Nace Permana yang sudah didaulat menjadi Ketua Seniman Jawa Barat ini berkolaborasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Karawang yang ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaran HPN 2023 tingkat Jawa Barat.

Baca juga: HPN Tingkat Jawa Barat di Karawang Siap Dimulai, Intip Sederet Kegiatannya

Selain, menyelenggarakan festival jaipongan dengan peserta se-Jawa Barat.

Secara bersamaan di Tanggal 19 Mei 2023 digelar juga kirab dan pawai Bedog Lubuk sepanjang 9 meter oleh Raja-raja Nusantara dan pagelaran Tari Internasional yang dihadiri oleh delegasi lima Negara, yakni Nepal, India, Korea Selatan, Malaysia dan Singapore.

“Kami kemas acara ini dengan mama Napak Jagat Tarumanegara. Dipasikan perhelatan ini akan memecahkan rekor baru even di Karawang,” tukas Nace. (*)