Beranda Regional Tekan Angka Kecelakaan, Perlintasan Kereta Api Dipasang Rambu Peringatan

Tekan Angka Kecelakaan, Perlintasan Kereta Api Dipasang Rambu Peringatan

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Kementerian Perhubungan dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Indonesia bekerjasama dengan PT. jasa Raharja melakukan pemasangan rambu dan spanduk peringatan di perlintasan Kereta Api di Bulak Kapal, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Minggu (5/5).

Pemasangan rambu dan spanduk peringantan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran keselamatan bagi pengendara yang melintas dan memberi edukasi dan sosialisasi disiplin kepada pengendara melalui pembagian stiker dan brosur keselamatan.

“Ini dalam rangka penanganan perlintasan kereta api khususnya pada perlintasan sebidang yang teregister dan tidak dijaga dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran keselamatan serta risiko terjadinya kecelakaan di perlintasan,” kata Direktur Jenderal Keselamatan Perkeretaapian Kemenhub Edi Nursalam kepada Wartawan

Menurutnya, pemilihan lokasi di perlintasan Bulak Kapal lantaran titik ini paling rawan di Kota Bekasi. Sebab, tidak sedikit kecelakaan lalu lintas yang pernah terjadi di lintasan ini, terlebih karena tidak adanya palang pintu pada Jalan Pahlawan yang melalui lintasan ini.

Edi menuturkan, terdapat 10 rambu keselamatan yang dipasang Kemenhub di perlintasan tersebut. Satu di antaranya seperti rambu pemberitahuan akan memasuki lintasan bertuliskan “Hati-hati 100 meter mendekati perlintasan kereta api”.

Untuk pemasangan palang pintu, ia mengungkapkan masih dalam pembahasan dengan pemerintah kota. Namun, ia mengarapkan sinergitas dengan pemerintah, seperti membantu mengerahkan petugas di perlintasan.

“Tingkat rawannya (lintasan Bulak Kapal) cukup tinggi. Karena itu kepada seluruh pemangku kepentingan di Kota Bekasi kita imbau juga untuk terus mengikuti gerakan ini sehingga bisa dipasang rambu-rambu (lainnya),” tukas Edi.(tmi/ris)