Beranda Headline Volume Sampah di Karawang Naik Jadi 1.200 Ton per Hari Selama Lebaran

Volume Sampah di Karawang Naik Jadi 1.200 Ton per Hari Selama Lebaran

Volume sampah selama lebaran di karawang
TPA Jalupang Kotabaru, Karawang. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karawang mencatat, selama periode libur Lebaran, muatan sampah mencapai 1.200 ton per hari. Foto: dok. Istimewa

KARAWANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karawang mencatat, selama periode libur Lebaran, muatan sampah mencapai 1.200 ton per hari. Jumlah itu meningkat sebanyak 300 ton dibanding hari-hari biasanya.

“Volume sampah saat momen hari raya Lebaran memang ada peningkatan, dari biasanya 900 ton per hari, sekarang 1.200 ton per hari, artinya ada penambahan sekitar 300 ton,” ungkap Kepala Bidang Kebersihan, Pengelolahan Sampah dan Limbah B3 DLH Karawang, Agus Mustaqim, Sabtu, 20 April 2024.

Agus menyebut, naiknya volume sampah ini karena konsumsi masyarakat selama Lebaran meningkat. Itu terlihat dari sampah-sampah yang kebanyakan berasal dari limbah rumah tangga.

Baca juga: Napi di Lapas Karawang Dilatih Kemampuan Las Stainless Steel hingga Buat Alat Dapur

“Sampah-sampah itu berasal dari sampah rumah tangga, pedagang sayur, dan buah-buahan serta ada penambahan sampah dari rest area,” ujar dia.

Selain itu, volume sampah juga disumbang dari TPS liar yang berada di pinggir-pinggir jalan. Pengangkutan sampah di TPS liar membuat beban kerja pihaknya semakin berat.

Apalagi selama lebaran ini jumlahnya semakin banyak. Maka itu pihaknya akan segera melakukan identifikasi titik-titik TPS liar untuk dilakukan evaluasi.