Beranda Headline Napi di Lapas Karawang Dilatih Kemampuan Las Stainless Steel hingga Buat Alat...

Napi di Lapas Karawang Dilatih Kemampuan Las Stainless Steel hingga Buat Alat Dapur

Napi karawang dilatih alat dapur
Warga binaan (napi) di Lapas Kelas IIA Karawang dilatih kemampuan las stainless steel, dan membuat beragam alat dapur. Foto: dok. Istimewa

KARAWANG – Warga binaan (napi) di Lapas Kelas IIA Karawang dilatih kemampuan las stainless steel, dan membuat beragam alat dapur. Pelatihan ini ditujukan agar mereka memiliki skill setelah keluar bebas dari hukuman.

Kepala Lapas Kelas IIA Karawang, Christo Toar menyampaikan, program ini dilaksanakan 2 kali dalam 1 tahun. Satu kali pelatihan, digelar selama 5 hari dan diikuti oleh peserta sebanyak 20 warga binaan.

“Ada 20 orang warga binaan yang kami latih supaya warga binaan itu ketika keluar nanti punya skill cara mengelas stainless,” ujarnya kepada tvberita.co.id pada Sabtu, 20 April 2024.

Baca juga: Kakek di Purwakarta Tewas Terpeleset ke Dalam Sumur 10 Meter

Ia menjelaskan, selain dilatih stainless steel, para warga binaan juga diarahkan untuk mengubah dapur di lapas menjadi bersih dan sesuai dengan standar yang dipasang oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

“Saya mengubah dapur tersebut untuk syarat khusus, salah satunya dengan mengubah meja dan alat dapur menggunakan stainless steel,” jelasnya.

Kalapas memaparkan, hasil yang berhasil dibuat oleh para warga binaan antara lain adalah meja dan lemari dapur.

Kedepan, pihaknya berencana menjadikan karya stainless steel warga binaan menjadi barang produktif yang bisa dipasarkan secara luas.