Beranda Health Disiplin Berobat Rendah, 138 Warga Karawang Meninggal karena Penyakit TBC

Disiplin Berobat Rendah, 138 Warga Karawang Meninggal karena Penyakit TBC

Penyakit tbc karawang
Ilustrasi pasien pengidap TBC. (Istimewa)

KARAWANG – Sepanjang tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang menangani penyakit Tuberkulosis (TBC) sebanyak 6.909 kasus dengan tingkat kematian mencapai 138 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dinkes Karawang, Yayuk Sri Rahayu mengungkapkan, sepanjang tahun 2022 kasus TBC di Karawang mengalami peningkatan 126 persen dari tahun sebelumnya.

“Di tahun 2022 tercatat peningkatan 126 persen, ditemukan ada 6.909 kasus. Hal tersebut disebabkan oleh adanya penambahan jejaring secara internal,” ungkapnya saat diwawancarai di ruang kerja pada Senin, (30/1/2023).

Dalam penanganan, Yayuk menjelaskan bahwa pemeriksaan dilakukan dengan cara Tes Cepat Molekuler (TCM), kemudian dilanjut dengan pemeriksaan aktivas spending untuk masyarakat yang memiliki risiko.

Baca juga: Dinkes Karawang Siapkan Vaksin Zifivax untuk Vaksinasi Booster Kedua

“Ketika mengarah ke suspek (terduga) barulah kami ambil tindakan TCM. Kami lakukan pemeriksaan aktiva spending juga kepada pupulasi yang berisiko.”

“Kemudian kami juga berkoalisi dengan organisasi penanganan TBC, dan telah dibentuk satuan tugas (satgas) dalam penanganan penyakit ini,” jelasnya.

Di samping itu, Yayuk mengaku bahwa sosialisasi terkait penanganan penyakit TBC belum dipahami secara utuh oleh masyarakat.

Pasalnya, kurangnya kemauan masyarakat melakukan pemeriksaan dini menjadi indikasi pengetahuan terkait TBC perlu ditingkatkan.

“Kami melakukan sosialisasi melalui kader, tapi sepertinya belum semuanya paham. Masyarakat perlu tahu, penderita TBC wajib konsumsi obat selama 6 bulan berturut-turut,” papar Yayuk.

Ia menegaskan, apabila penderita TBC tidak mengonsumsi obat secara rutin, maka penyakitnya dapat berkembang menjadi penyakit TB Resisten Obat. Kemudian pengobatannya pun akan berbeda karena TB Resisten Obat bukan TBC biasa.