Beranda Headline Makanan Mewah Asal Prancis ini Ternyata Dilarang Banyak Negara, Berikut Alasannya

Makanan Mewah Asal Prancis ini Ternyata Dilarang Banyak Negara, Berikut Alasannya

Foie gras
Foie Gras ( Foto: Istimewa/net.)

TVBERITA.CO.ID – Foie gras adalah makanan mewah yang berasal dari Prancis. Makanan yang memiliki arti ‘hati gemuk’ ini berasal dari bebek atau angsa yang telah digemukkan secara paksa.

Mengutip Britannica, makanan mewah ini bertekstur lembut dan beraroma gurih membuat banyak orang menikmatinya. Di Prancis, makanan ini biasa disajikan sebagai makanan utama atau tambahan dari makanan lainnya.

Hingga kini, konsumsi makanan foie gras masih menjadi kontroversi di berbagai negara. Bahkan, tak jarang yang sudah mengeluarkan aturan untuk melarang konsumsi makanan mewah ini.

Apa alasannya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Menghadapi Dewasa Rasa Takut Akan Hal Semakin Besar, Apa Betul?

Proses Pembuatan yang Menyiksa Hewan

Di balik rasa yang enak, ada proses pembuatan yang menyiksa hewan. Seperti yang diketahui, makanan khas Prancis ini berasal dari hati bebek atau angsa yang besar.

Ternyata, bukan bebek atau angsa sembarangan yang bisa menghasilkan hati yang besar. Mengutip PETA, bebek atau angsa diberi makan paksa dengan selang yang dimasukkan ke dalam tenggorokan mereka.

Makan paksa itu dilakukan selama tiga hari dalam sehari hingga angsa mengalami kenaikan berat badan. Makan paksa itulah yang bisa membuat hati angsa menjadi 10 kali lebih besar dari ukuran normalnya.

Saat berat badan naik, angsa bakal kesusahan untuk bergerak. Tak sedikit pula yang mengalami cedera dalam tubuh mereka seperti sayap patah dan kaki yang terluka.

Setelah dua minggu diberi makan paksa dengan selang, bebek atau angsa dibawa ke tempat persembelihan. Dalam proses itu, hati mereka diambil untuk diolah menjadi foie gras yang dikonsumsi banyak orang.

Makanan Mewah Ini Dilarang di Berbagai Negara

Dengan proses yang menyiksa angsa dan bebek, makanan ini dikecam oleh banyak pihak. Banyak publik figur yang telah menyebarkan isu ini seperti aktris Kate Winslet dan aktor Roger Moore.

Mengutip Reader’s Digest, Raja Charles III dari Kerajaan Inggris pun berlaku demikian. Sejak bertakhta, ia sudah melarang hidangan ini untuk disajikan dalam perjamuan istana.

Melansir Sinergia Animal, beberapa negara lain sudah mengeluarkan larangan untuk mengonsumsi foie gras. Negara tersebut antara lain Argentina, Australia, Austria, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Jerman, India, Irlandia, Israel, Italia, Inggris, Belanda, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tren Sleep Call, Aktivitas Pasangan Merasakan Kebersamaan Saat Tidur

Bagaimana dengan Indonesia? Ternyata, makanan dari hati bebek ini terjual bebas di Indonesia.

Banyak restoran mewah, khususnya restoran Prancis, yang menyediakan makanan ini dalam menu mereka. Kamu juga bisa menemukannya di situs e-commerce. (*)