Beranda Technology 5 Cara Cepat Mengatasi Memori Hp Penuh dengan Mudah

5 Cara Cepat Mengatasi Memori Hp Penuh dengan Mudah

Memori Hp Penuh
Ilustrasi Memori Hp Penuh (Foto: ZDnet)

TVBERITA.CO.ID – Smartphone saat ini telah menjadi alat yang sangat membantu segala aktivitas dan kebutuhan manusia.

Banyak orang mengandalkan smartphone tidak hanya untuk terhubung dengan orang terdekat, tapi juga mengakses aplikasi dan layanan termasuk platform media sosial, termasuk mengambil banyak foto.

Semua ini tentunya menghabiskan ruang penyimpanan pada perangkat. Karenanya, sudah menjadi hal umum bagi sebagian orang melihat adanya notifikasi penyimpanan penuh.

Baca juga: Anti Ribet! Cara Menggunakan WhatsApp di Dua HP Sekaligus

Oleh sebab itu, untuk memastikan penggunaan smartphone tetap optimal, pengguna perlu mengosongkan ruang penyimpanan.

Berikut ini tips yang perlu kalian lakukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan ketika memori hp penuh. Mengutip liputan6.com.

1. Hapus data cache

Seiring berjalannya waktu, aplikasi yang terpasang di smartphone akan mengumpulkan data cache dan berpotensi menghabiskan sebagian besar ruang penyimpanan, itu menjadi penyebab memori hp kalian penuh.

File-file sementara ini dirancang untuk meningkatkan kinerja aplikasi, tetapi juga dapat menghabiskan ruang yang tidak diperlukan.

Oleh sebab itu, salah satu cara mengosongkan memori HP adalah dengan menghapus data cache dari aplikasi.

Untuk menghapus data cache, buka pengaturan perangkat. Kemudian, cari bagian “Penyimpanan” atau “Manajemen Penyimpanan”, dan hapus data cache.

Baca juga: WhatsApp Akan Hadirkan Fitur Forward ke Channel

2. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan

Mulai dengan membersihkan smartphone dari aplikasi yang tidak digunakan atau jarang digunakan. Telusuri daftar aplikasi dan hapus aplikasi yang tidak diperlukan dengan mencopot pemasangannya.

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan aplikasi alternatif yang menawarkan fungsi serupa. Namun, berukuran lebih kecil, sehingga lebih hemat ruang penyimpanan.

3. Kelola unduhan dan file

Tinjau folder unduhan dan pengelola file secara teratur. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan menghapus file yang tidak diperlukan, mulai dari dokumen, PDF, dan unduhan lain-lain yang mungkin terakumulasi seiring waktu.

Namun, kamu juga harus berhati-hati agar tidak menghapus file sistem yang penting.

Baca juga: Fase Kedua: Berikut Bocoran HP Xiaomi yang Terima HyperOS

4. Memindahkan foto dan video ke cloud

File media, khususnya foto dan video, sering kali menghabiskan sebagian besar penyimpanan perangkat. Daripada menyimpannya di perangkat, pertimbangkan untuk memakai layanan cloud seperti Google Foto atau iCloud.

Setelah diunggah, kamu bisa menghapusnya dengan aman dari perangkat, tanpa perlu khawatir foto-foto atau video tersebut akan hilang.

5. Optimalkan pengaturan aplikasi

Beberapa aplikasi menawarkan pengaturan yang memungkinkan kamu mengontrol jumlah data yang disimpan di smartphone.

Menyesuaikan pengaturan ini dapat membantu kamu mengurangi jumlah penyimpanan yang digunakan aplikasi, tanpa mengorbankan fungsi penting. (*)