Beranda Technology Google Chrome 120 Tak Lagi Dukung Android Nougat

Google Chrome 120 Tak Lagi Dukung Android Nougat

Google chrome 120
Internet

TV BERITA – Bersiap-siap bagi Anda pengguna Android lama tidak bisa lagi menggunakan Google Chrome sepenuhnya. Google merilis daftar operasi sistem yang tidak lagi mendapatkan versi baru Chrome.

Informasi ini diumumkan melalui catatan rilis Chrome Enterprises and Education yang diperbarui 25 Oktober lalu. Dalam bagian ‘Coming Soon’ tertulis Google Chrome 120 tidak akan support Android Nougat.

Baca juga: Cara Membuat dan Membagikan Spotify Wrapped 2023 ke Medsos

Dilansir dari CNBC Indonesia. “Google Chrome 120 tidak akan mendukung atau dikirimkan kepada pengguna Android Nougat,” tulis laporan di Android Police, dikutip Minggu (3/12/2023).

Artinya pengguna yang masih menggunakan Android tersebut hanya bisa menggunakan hingga Chrome 119. Sebagai informasi Google Chrome 120 akan dirilis versi stabil pada 6 Desember 2023 mendatang.

Android Nougat sendiri dirilis pada 2016 lalu atau telah berusia tujuh tahun. Kebijakan terbaru Google nampaknya tak mempengaruhi terlalu banyak pengguna Android Nougat.

Baca juga: Tanpa Aplikasi Ketiga, Begini Cara Download IG Reels

Sebab, Android Police mencatat hanya 2,6% yang menjalankan Nougat 7.0 atau Nougat 7.1. Jumlah yang sangat sedikit dibandingkan Android 13 yang diinstal pada 22,4% perangkat.

Kebijakan ini biasa terjadi saat ada perilisan terbaru Chrome. Misalnya pada Android 6 yang sudah tidak bisa lagi menggunakan Chrome versi 107.

Hal serupa nampaknya masih akan berlanjut tahun depan. Kemungkinan giliran Android Oreo atau Android 8 yang tidak lagi bisa menggunakan Chrome versi terbaru.

Chrome menyediakan banyak pembaruan bagi perangkat dengan Android terbaru. Mulai dari tampilan visual untuk omnibox dan toolbar untuk pengaturan transparansi. (*)