Beranda Olahraga Singkirkan UAE, Timnas Hadapi Thailand di Semifinal AFC eAsian Cup 2023

Singkirkan UAE, Timnas Hadapi Thailand di Semifinal AFC eAsian Cup 2023

AFC eAsian cup
Timnas Indonesia (Foto: Istimewa/net.)

TVBERITA.CO.ID – Jadwal semifinal AFC eAsian Cup 2023 sudah keluar. Indonesia akan melawan Thailand untuk memperebutkan slot ke babak grand final.

Duel akan berlangsung di Virtuocity Arena, Doha, Qatar, pada Hari Senin (5/2/2024) pukul 19.00 WIB. Kendati digelar offline, orang-orang bisa menyaksikan tayangannya yang disiarkan secara langsung di channel YouTube AFC Asian Cup.

Pada kompetisi eFootball se-Asia ini, Indonesia mengirimkan tiga gacoannya, yakni Elga Cahya Putra, Rizky Faidan, dan Akbar Paudie. Namun dua pemain yang bakal tampil melawan Thailand masih belum diketahui.

Baca juga: Sederet Pemain Naturalisasi Timnas di Era Shin Tae-yong

Sejauh ini, sejak babak grup bergulir, timnas kerap kali menurunkan Elga/Rizky atau Rizky/Akbar. Tapi bisa jadi Indonesia akan menurunkan duet maut Elga/Rizky lagi, mengingat sebelumnya mereka tampil gemilang ketika melawan Korea Selatan di babak 16 besar dan Uni Emirat Arab di perempat final.

Elga/Rizky mampu mendominasi setiap game saat melawan dua negara tersebut. Bahkan Garuda Muda menang telak ketika berhadapan Uni Emirat Arab, dengan skor akhir 6-0 (leg 1) dan 6-1 (leg 2). Lalu lawan Korea Selatan, Indonesia unggul 2-0 di kedua leg.

Untuk format pertandingan di semifinal AFC eAsian Cup 2023 pun masih senada seperti babak 16 besar dan perempat final. Skemanya mengharuskan para pemain memenangkan dua leg, yang mana contoh skornya bisa 2-0 atau 2-1.

Baca juga: Harapan Besar Askab PSSI Karawang untuk Erick Thohir Cs

Saat ini AFC eAsian Cup 2023 hanya menyisakan empat tim dari total 20 negara yang berpartisipasi. Empat tim yang dimaksud ialah Indonesia, Thailand, Jepang, dan Arab Saudi.

AFC eAsian cup
Bagan Pertandingan Semifinal AFC eAsian Cup 2023 (Foto: net.)

Partai puncak dari kompetisi ini juga diselenggarakan pada hari yang sama. Jadi setelah laga semifinal berakhir, kemungkinan langsung dilanjut babak grand final. Tapi kalau ternyata ada pertandingan untuk memperebutkan peringkat ketiga, seperti grand final disimpan sebagai match penutup.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, AFC eAsian Cup 2023 merupakan turnamen esports pertama yang dihelat Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dengan sistem home-away. Acaranya dilaksanakan sejak tanggal 1-5 Februari 2024. (*)