Beranda Bekasi Tahun Depan, Pabrik MG di Cikarang Siap Produksi Puluhan Ribu Mobil Listrik...

Tahun Depan, Pabrik MG di Cikarang Siap Produksi Puluhan Ribu Mobil Listrik per Tahun

Pabrik mg di cikarang
MG Motor Indonesia saat memperkenalkan kendaraan elektrifikasi ke profesional muda beberapa waktu lalu.

JAKARTA – Mulai kuartal 1 2024, MG Motor Indonesia siap memproduksi mobil hingga 100 ribu unit per tahun dengan 60 persennya adalah mobil-mobil elektrifikasi alias mobil listrik. Dengan pabrik yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, MG akan menggunakan fasilitas perakitan mobil milik perusahaan induknya, SAIC Motor International.

“MG itu own by (dimiliki oleh) SAIC Motor International sejak 2006. Jadi fasilitas (perakitan mobil itu adalah) fasilitas SAIC Motor International. Karena MG salah satu company yang ada dalam naungan SAIC Motor International, kita menggunakan fasilitas SAIC Motor International yang berada di Cikarang dengan line-up yang baru,” bilang Marketing & PR Director MG Motor Indonesia Arief Syarifudin kepada wartawan di ICE-BSD City, Tangerang (18/8/2023).

Baca juga: Pengangguran di Karawang Makin Menumpuk, Warga Diminta Tak Terpaku Kerja di Pabrik

Diketahui, pabrik SAIC Motor International di Cikarang digunakan untuk merakit mobil-mobil merek Wuling di bawah naungan SGMW Motor Indonesia (Wuling). Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi sebanyak 120 ribu unit per tahun.

Dengan hadirnya MG yang berencana memproduksi 100 ribu unit per tahun, tentunya SAIC Motor International akan menanamkan investasi baru untuk perluasan pabrik. Namun saat ditanya berapa nilai investasinya, Arief belum mau menjawab. “Nanti akan kami beri informasinya,” sambung Arief.

Lanjut Arief menjelaskan, nantinya pabrik MG di Cikarang akan difokuskan untuk membuat mobil listrik. Tak main-main, lebih dari 60 persen porsinya adalah untuk membuat kendaraan-kendaraan elektrifikasi.

Baca juga: Hyundai Jadi Pesaing Serius Toyota Avanza, Akan Produksi di Cikarang

“Jadi 60 persennya adalah electric vehicle (mobil listrik). Ini adalah jawaban dari MG yang ingin kuat di segmen kendaraan listrik. Akan ada beberapa model BEV (mobil listrik baterai) yang diproduksi di fasilitas pabrik kami. Dari 100 ribu kapasitas produksi, dominasinya adalah full electric murni, dengan 60 persennya akan datang dari BEV,” tegas Arief.

Baru sekitar tiga tahun datang ke Indonesia, MG punya line up yang relatif komplet. Mereka punya model sedan pada MG 5 GT, lalu SUV dalam lini MG ZS, MG HS, hingga mobil listrik MG 4 EV sudah dijual di Indonesia.

Terbaru, MG mengumumkan akan menjual mobil listrik MG ZS EV di Indonesia. Mobil listrik itu telah dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada 10-20 Agustus. (*)