Beranda Regional Undang Penerima Nobel Kimia 2016, Kementerian Ingin Motivasi Dosen dan Mahasiswa

Undang Penerima Nobel Kimia 2016, Kementerian Ingin Motivasi Dosen dan Mahasiswa

TVBERITA.CO.ID – Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional mengundang penerima Nobel Kimia 2016 Benard Lucas Feringa untuk memberikan kuliah umum kepada pegawai Kemenristek/BRIN, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan mahasiswa.

Dalam kesempatan ini Kemenristek/BRIN mengajak peneliti dan mahasiswa untuk belajar dari pengalaman kerja Bernard L.Feringa dalam meneliti dan berinovasi hingga mendapatkan hadiah nobel.

Plt. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta, M. Samsuri memandang kuliah nobel ini sangat bermanfaat. Ada 185 dosen dan 385 mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang hadir dari lingkungan LLDIKTI Wilayah III Jakarta.

“Khususnya bagi para dosen dan mahasiswa untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta memotivasi para dosen dan mahasiswa untuk semakin semangat dalam penelitian terutama terkait bidang STEM khsususnya Kimia, Biologi, Bioteknologi, Molekul, Fisika, dan sebagainya,” tutur Samsuri saat dikonfirmasi Tvberita.co.id, Senin (09/03/20)

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, peneliti Indonesia yang mengambil inspirasi dari pengalaman profesor dari Universitas Groningen di Belanda tersebut sehingga ada peneliti Indonesia yang dapat menjadi penerima hadiah nobel.

Dalam kuliahnya, Bernard L Feringa yang baru dianugerahi gelar doktor honoris causa dan profesor kehormatan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) saat Dies Natalis ITB pada 2 Maret 2020 ini menyampaikan pengalaman kerjanya di industri menjadi salah satu faktor yang membuatnya mampu menciptakan banyak hak kekayaan intelektual dan paten di bidang nanoteknologi molekuler hingga ia mendapat hadiah Nobel Kimia karena kontribusinya dalam merancang dan membuat mesin atau motor molekuler.

“Setelah studi akademis, saya tidak pergi ke luar negeri untuk bekerja dalam institusi atau akademi post doktoral tapi saya malah bekerja di perusahaan. Saya keluar dari zona nyaman saya dalam universitas dan saya bekerja untuk perusahaan besar di bidang minyak dalam bagian riset.”

“Itu pengalaman fantastis yang membuka mata saya ketika anda pindah dari akademia ke industri sampai anda belajar masalah praktis, misalnya bagaimana cara mengembangkan produk atau bagaimana mengembangkan progres baru untuk memajukan teknologi,” ungkap Penerima Hadiah Nobel Kimia Bernard L Feringa di hadapan ratusan peserta. (ais/fzy)