Beranda Regional Honor RT/RW Belum Cair, BPKAD Karawang Membantah

Honor RT/RW Belum Cair, BPKAD Karawang Membantah

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Adanya kabar yang menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Karawang belum mencairkan honor RT/RW dibantah Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Karawang, Hadis Herdiana, saat ditemui Koran Berita dikantornya, Senin (18/3/2018).

Ia membantah jika pihaknya belum membayarkan honor RT/RW yang beberapa waktu lalu dikeluhkan mereka (RT/RW) selama 3 bulan kebelakang.”Kata siapa belum cair? sudah cair dan sudah dibayarkan,”kata Hadis.

Hadis mengatakan, pembayaran honor bagi RT/RW sebesar Rp. 400 ribu dan Rp500 ribu tersebut tergantung pengajuan dari masing-masing camat.

“Kalau camatnya belum mengajukan, bagaimana kita mau mengeluarkan honor bagi RT/RW. Sekarang ini tergantung camatnya lah,” tegasnya.

Menurut Hadis, pencairan honor RT/RW sekarang adalah melalui rekening pribadi masing – masing, yaitu BJB. Mekanismenya adalah jika dari desa berarti diajukan ke Kecamatan baru ke BPKAD dan jika dari Kelurahan berarti diajukan ke Kecamatan lalu ke BPKAD.

“Jadi BPKAD baru bisa mencairkan setelah ada pengajuan. Jika sampai saat ini masih ada yang belum dicairkan, itu bisa jadi laporan pertanggungjawaban honor yang kemarin sudah dicairkan belum diselesaikan. Sehingga menghambat pencairan honor berikutnya,”ungkap Hadis.

Ia juga menyatakan bahwa sebagian besar honor RT/RW sudah dibayarkan langsung ke masing masing penerima melalui no rekening pribadi.

Hal ini menurutnya sesuai dengan aturan yang baru bahwa semua pencairan honor RT /RW langsung ke rekening pribadi dan tidak melalui kecamatan/kelurahan.

Hal tersebut, lanjutnya, untuk mencegah terjadinya penyimpangan (pemotongan) oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Maka dibuatlah aturan terkait pencairan dana honor langsung ke rekening masing – masing penerima.

Saat disinggung kecamatan mana yang sudah mengajukan pencairan honor RT/RW ke BPKAD Kabupaten Karawang, Hadis mengaku tidak hafal.

“Saya tidak hafal mana yang sudah dicairkan. Tapi yang jelas Karawang Barat dan Karawang Timur sudah kami cairkan,” terangnya.(nin/ris)