Beranda Headline Pancasila Sangat Relevan bagi Generasi Z dan Milenial

Pancasila Sangat Relevan bagi Generasi Z dan Milenial

BANDUNG, TVBERITA.CO.ID- Nilai-nilai Pancasila masih sangat relevan diterapkan dalam kehidupan moderen saat ini. Utamanya, bagi generasi muda sebagai tonggak penerus pembangunan bangsa.

“Saya pikir nilai-nilai ini masih relevan diterapkan di situasi sekarang. Cukup banyak nilai Pancasila yang bisa diterapkan untuk generasi Z dan generasi milenial,” kata Yana usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Plaza Balai Kota Bandung, Sabtu (1/6/2019).

Yana memaparkan, setiap butir Pancasila merupakan landasan yang kokoh untuk menjadi tuntunan dalam menjalani kehidupan berbangsa.

Sebagai cntohnya, Yana menuturkan, perbedaan dalam berbagai hal seyogyanya bukanlah sumber perpecahan. Namun, dengan banyaknya gagasan tersebut justru menjadi triger pemersatu generasi muda.

“Mari kita bersama-sama terus mengamalkan nilai kebaikan dari Pancasila, seperti menghargai keberagaman dan mengutamakan persatuan. Itu penting untuk situasi sekarang,” jelasnya.

Oleh karenanya, Yana juga mengingatkan kembali kepada setiap individu yang diberi kepercayaan menjadi pemimpin di kelompok, organisasi atau wilayahnya masing-masing untuk menjadi suritauladan dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Saya pikir keteladanan dari pemimpin kota, dan keteladanan dari semua komponen bangsa untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Dengan menjadi figur yang memberi contoh positif, lanjut Yana, nilai-nilai Pancasila bisa terus dijaga oleh masyarakat Indonesia. Tanpa terkecuali di Kota Bandung yang juga memiliki generasi muda cukup besar.

“Mari kita mengamalkan kembali nilai-nilai luhur Pancasila yang sudah digali oleh para founding father kita. Kebersamaan dan keragaman itu semua adalah fitrah. Jadi mudah-mudahan ke depan kita bisa semakin konsisten menegakan dan mengamalkan nilai Pancasila,” katanya.(hms/kb)