Beranda Ekonomi 6 Cara Menabung Unik Ala Orang Jepang, Bye-bye Boros

6 Cara Menabung Unik Ala Orang Jepang, Bye-bye Boros

Cara menabung ala jepang
Foto: ilustrasi menabung/istimewa.

TVBERITA.CO.ID – Jepang adalah salah satu negara dengan tingkat disiplin menabung tertinggi di dunia. Ini tidak hanya mencerminkan stabilitas ekonomi mereka, tetapi juga berakar dalam budaya dan kebiasaan masyarakat Jepang dalam mengelola keuangan mereka.

Jika Anda ingin belajar cara menabung ala orang Jepang, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan Anda:

1. Metode Kakeibo

Kakeibo adalah sistem pencatatan pengeluaran harian yang telah menjadi tradisi dalam budaya Jepang selama puluhan tahun. Ini melibatkan mencatat setiap pengeluaran Anda dalam buku catatan khusus.

Dengan memonitor setiap yen yang Anda keluarkan, Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang ke mana uang Anda benar-benar pergi. Ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi pengeluaran yang bisa dikurangi.

2. Hidup Sederhana

Orang Jepang dikenal karena gaya hidup sederhana mereka. Ini berarti tidak boros dalam pengeluaran sehari-hari dan menjaga diri mereka sendiri dari hutang konsumen yang tidak perlu. Dengan hidup sederhana, mereka memiliki lebih banyak uang yang dapat mereka sisihkan untuk menabung.

3. Pendekatan Konsep Mottainai

Mottainai adalah konsep Jepang yang mencerminkan rasa penyesalan terhadap pemborosan dan kelebihan. Orang Jepang percaya bahwa menyia-nyiakan sumber daya dan uang merupakan tindakan yang tidak bijaksana. Dengan memahami dan menghindari pemborosan, Anda dapat menghemat lebih banyak uang.