Beranda Fashion Imlek 2023 Jadi Tahun Kelinci Air, Ini Maknanya Berdasarkan Mitologi Tiongkok

Imlek 2023 Jadi Tahun Kelinci Air, Ini Maknanya Berdasarkan Mitologi Tiongkok

Makna imlek 2023
Ilustrasi shio kelinci air. (Istimewa)

TVBERITA.CO.ID – Tahun Baru Imlek bertepatan pada tanggal 22 Januari 2023. Imlek di tahun 2023 ini juga merupakan Tahun Kelinci Air.

Masyarakat Tionghoa antusias menyambut Imlek 2023. Berbagai harapan dipanjatkan untuk tahun Imlek 2574.

Lalu apa sebenarnya makna shio kelinci air dalam Tahun Baru Imlek 2023 ini?

Dilansir dari Beritasatu, shio Kelinci termasuk tahun 2023, 2011, 1999, 1987, 1975, 1963, 1951, 1939, 1927 dan seterusnya. Tahun 2023 adalah tahun Kelinci Air yang dimulai dari 22 Januari 2023 (Tahun Baru Imlek), dan akan berakhir pada 9 Februari 2024 (Malam Tahun Baru Imlek).

Dalam budaya Tionghoa, lambang Kelinci merupakan simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran. Sehingga pada tahun 2023 dapat diartikan sebagai tahun harapan.

Baca juga: Jelang Imlek, Klenteng Kwan Tee Koen Karawang Mulai Bersolek

Shio yang paling cocok untuk Kelinci adalah Kambing, Anjing dan Babi. Orang yang lahir pada tahun Kelinci dipercaya memiliki watak waspada, jenaka, berpikiran cepat, dan cerdik.

Menurut mitologi Tiongkok, Kelinci diramalkan sebagai makhluk yang lembut, pendiam, anggun, dan waspada serta cepat, terampil, baik hati, sabar dan sangat bertanggung jawab.

Ia terkadang enggan mengungkapkan pikirannya kepada orang lain dan memiliki kecenderungan untuk melarikan diri dari kenyataan, tetapi selalu setia kepada orang-orang di sekitarnya.

Kelinci Jantan memiliki ciri mampu memperlakukan orang dengan sopan, memiliki senyum lembut yang membuat orang merasa dapat dipercaya dan tulus.

Sifat positif Kelinci Jantan ketika menghadapi kesulitan yang berat, dia selalu gigih dan tidak pernah putus asa untuk mencari solusi. Pada akhirnya dapat mencapai kesuksesan.

Baca juga: Nih, 10 Ide Hampers Imlek yang Spesial untuk Keluarga

Sementara itu Kelinci Betina dipersonifikasikan memiliki penampilan yang cantik dan pendiam, mereka memiliki hati yang murni.

Dalam teori lima elemen China, setiap tanda zodiak dikaitkan dengan salah satu dari lima elemen: Emas (Logam), Kayu, Air, Api, atau Tanah. Misalnya, Kelinci Air datang sekali dalam siklus 60 tahun.

Karakteristik atau sifat dari seseorang bakal ditentukan oleh tanda dan elemen hewan zodiak tahun kelahirannya.

Demikian makna Tahun Kelinci Air yang merupakan Tahun Baru Imlek 2023. (*)