Beranda Headline BMKG: Jakarta hingga Jabar Bakal Dilanda Hujan Ekstrem Saat Malam Tahun Baru,...

BMKG: Jakarta hingga Jabar Bakal Dilanda Hujan Ekstrem Saat Malam Tahun Baru, Waspada!

BMKG hujan ekstrem
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

TVBERITA.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah DKI Jakarta hingga Jawa Barat bakal terjadi hujan lebat hingga berpotensi ekstrem saat Sabtu 31 Desember 2022, tepat saat malam tahun baru 2023.

Hal itu diungkapkan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers virtual terkait hujan berpotensi ekstrem pada Jumat, 30 Desember 2022.

Dikatakannya, prediksi itu didasari adanya temuan fenomena baru terkait perkembangan cuaca. Menurut dia, fenomena yang ditemukan yakni punahnya bibit siklon di utara dan munculnya tekanan rendah dari mantan siklon tropis ellie.

“Kemarin kita sampaikan tanggal 31 Desember prediksinya adalah bersih karena bibit siklon di pasifik, hingga tanggal 1 Januari 2023 masih bersih,” kata Dwikorita dalam konferensi pers virtual, Jumat, 30 Desember 2022.

Baca juga: BMKG Ungkap Penyebab Gempa di Cianjur

Dia menyampaikan ada fenomena baru yaitu pertama, punahnya bibit siklon di utara, yang signifikan untuk mengurangi awan hujan di wilayah Indonesia terutama di Jawa bagian utara dan laut Jawa. Namun, kata dia, bibit siklon di utara ini punah sehingga pengaruh pengurangan menjadi hilang.

“Kemudian, ada tambahan munculnya tekanan rendah eks siklon tropis ellie, sehingga fenomenanya berubah hari ini dibanding kemarin,” lanjut Dwikorita.

Pun, dia menambahkan dengan dua fenomena tersebu, terdapat perubahan prediksi cuaca pada Sabtu esok. Dia bilang, prediksi cuaca pada esok hari diperkirakan hujan dengan kategori tertinggi atau ekstrem.

“Jadi tanggal 31 Desember 2022 yang semula diprediksi situasinya semakin membaik ternyata tanggal 31 Desember ink masih merah, pink,” tuturnya.

“Ini pink adalah intensitas hujan kategori tertinggi yaitu ekstrem dan bisa di atas batasan ekstrem, di atas 150 mm dalam 24 jam. Ini mencapai intensitas tersebut dan bisa terlampaui,” jelasnya melansir dari viva.co.id.

Baca juga: Cuaca Ekstrem Hantui Karawang, BPBD Klaim Siap Hadapi Bencana

Lebih lanjut, dia bilang potensi hujan sangat lebat bisa mencapai ekstrem pada 31 Desember. Dia menekankan prakiraan itu terjadi di sejumlah wilayah seperti Utara Banten, DKI Jakarta, Utara Jawa Barat hingga Utara Jawa Tengah.

“Perubahannya tanggal 30 hingga 31 Desember potensi hujan lebat hingga sangat lebat bahkan mungkin jika melihat pink itu mungkin bisa mencapai ekstrem akan lebih terkonsentrasi di wilayah Utara Banten, DKI Jakarta, Utara Jawa Barat hingga Utara Jawa Tengah,” ujar Dwikorita.

Dwikorita lanjut memaparkan, beberapa wilayah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tegah, Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB diminta siaga akan potensi hujan lebat menjadi sangat lebat hingga ekstrem pada tanggal 30 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

Lalu, potensi hujan lebat di bawah level hujan sangat lebat-ekstrem juga patut diwaspadai terjadi pada 30 Desember 2022 hingga 5 Januari 2023 di  beberapa wilayah di sebagian wilayah Bengkulu. Kemudian, di sebagian Banten, sebagian Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, sebagian Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagian Jawa Timur.

“Kemudian level di bawahnya lagi, potensi hujan sedang hingga lebat ini levelnya bukan siaga ya jadi waspada bisa terjadi hujan lebat itu di Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Tenggara, Papua Barat dan Papua,” tuturnya. (*)