Beranda Headline Bangunan SDN Margamulya II Rusak dan Tak Terawat, Bupati Karawang Siap Renovasi

Bangunan SDN Margamulya II Rusak dan Tak Terawat, Bupati Karawang Siap Renovasi

Sdn margamulya
Bupati Karawang, Aep Syaepuloh meninjau langsung SDN Margamulya II yang rusak. Foto: istimewa

KARAWANG – Bangunan SDN Margamulya II di Desa Margamulya, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang kondisinya rusak dan tak terawat. Bupati Karawang, Aep Syaepuloh memastikan bakal merenovasi.

Kerusakan sekolah itu mulanya ramai disorot lantaran salah seorang wali murid memperlihatkan foto dan video gedung sekolah yang kondisinya memprihatinkan di media sosial.

Dari unggahan itu, terlihat kondisi bangunan kelas sudah lapuk. Dindingnya pun nampak retak-retak.

Sdn margamulya 2 karawang rusak
Kondisi bangunan SDN Margamulya II Telukjambe Barat, Karawang rusak.

Baca juga: BPS Sebut Perekonomian Karawang Ditopang Sektor Industri, Pertanian Lesu

Kepala SDN Margamulya II, Cucu Sugiarti, mengungkapkan sekolah ini dibangun sejak tahun 1993 silam. Sejak itu pula sekolah ini tak pernah tersentuh perawatan atau perbaikan.

“Banyak yang lapuk karena memang sejak dibangun tahun 1993 gak pernah tersentuh perbaikan,” katanya.

Pihak sekolah, kata dia, sebetulnya sudah sering mengirimkan surat permohonan bantuan ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang untuk merenovasi sekolah.

Baca juga: Uniqlo Buka Neighboorhod Store di Bekasi, Ada Beragam Promo Menarik

Kondisi bangunan SDN Margamulya II Telukjambe Barat, Karawang rusak.

Total empat kali sekolah mengimkan surat, namun bantuan tak kunjung datang. “Sejak tahun 2021 atau 2022 kita minta bantuan, cuma belum ditindaklanjut. Tahun ini dari dinas udah survei mau bantu, tapi ternyata keburu viral kondisinya,” paparnya.

Masuk skala prioritas

Bupati Karawang, Aep Syaepuloh merespons aduan masyarakat terkait sekolah. Dia bersama jajaran langsung melihat lebih dekat kondisi sekolah itu.

“Rupanya memang sarana dan prasarananya membutuhkan renovasi dan perbaikan agar menjadi lebih layak, aman dan nyaman bagi para siswa. Mulai dari atap, genteng, tembok dan yang lain,” katanya.

Baca juga: Guru di Karawang Olah Tanaman Terubuk Jadi Beragam Jenis Makanan Enak

Sdn margamulya karawang rusak
Kondisi bangunan SDN Margamulya II Telukjambe Barat, Karawang rusak.

Dia menegaskan, SDN Margamulya II bakal menjadi program skala prioritas Disdikpora. Itu artinya, sekolah tersebut bakal diperbaiki secepat mungkin.

“Tadi juga saya sampaikan kepada Disdik bahwa pemda ingin penanganan sekolah rusak di Karawang cepat dieksekusi, sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar siswa.”

“Mohon doanya, agar rehab dan pembangunan SDN Margamulya II nanti berjalan dengan lancar dan tanpa kendala,” harap Aep. (*)