Beranda Nasional Kominfo Cari 20 Ribu Digital Talent di 2019

Kominfo Cari 20 Ribu Digital Talent di 2019

BANDUNG, TVBERITA.CO.ID- Kebutuhan digital talent atau ahli dalam bidang digital diperkirakan mencapai 9 juta orang di tahun 2030 atau sekitar 600 ribu orang per tahunnya.

Upaya penciptaan digital talent ini telah dilakukan oleh Kementerian Kominfo RI melalui beasiswa yang dinamakan Digital Talent Scholarship sejak 2019 lalu.

Menteri Kominfo RI Rudiantara mengatakan tahun lalu sebanyak 1000 orang ditargetkan mengikuti beasiswa khusus ini, namun ternyata hanya 980 orang saja yang berhasil lulus dan mendapatkan sertifikat keahlian digital.

“Tahun ini program digulirkan lagi namun jumlah nya kita tmabah menjadi 20.000 orang. Setiap tahun akan kami tambahkan terus karena memang kebutuhannya tingi,” tegasnya di Unpad Bandung, Senin (4/3/2019).

Program ini bisa diikuti oleh lulusan SMA atau SMK hingga S2. Dimana nantinya akan mendapatkan pelatihan selama dua bulan. Program ini menggandeng puluhan perguruan tinggi negeri dan swasta termasuk diantaranya Unpad.

“Kominfo ini kan tidak punya ruang kelas, hanya pogram dan pembiayaan saja. Sehingga bekerjasama dengan perguruan tinggi,” jelasnya.

Setelah lulus pelatihan, maka peserta akan bisa menjadi wirausaha atau startup bidang digital. Atau akan disalurkan keperusahaan terkait keahliannya. Sebab menurut Rudiantara banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja teknik bidang digital namun sulit mendapatkannya.(hms/kb)