Beranda Headline Sejumlah Fakta Menarik di Balik Hari Pahlawan 10 November, Sudah Tau?

Sejumlah Fakta Menarik di Balik Hari Pahlawan 10 November, Sudah Tau?

Fakta hari pahlawan
Dok/istimewa

TVBERITA.CO.ID – Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November rupanya menyisakan sejumlah fakta menarik di balik perjuangannya.

Selain mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, para pahlawan kala itu rela mempertaruhkan nyawanya demi menyelamatkan bangsa.

Oleh karena itu jasa para pahlawan harus selalu dikenang agar setiap generasi dapat menghargai pengorbanannya.

Berikut adalah beberapa fakta menarik di balik sejarah Hari Pahlawan yang perlu diketahui dikutip dari pikiranrakyat.com.

Baca juga: Gagal Ginjal Akut di Jabar Capai 33 Kasus, Bertambah 8 dalam 3 Hari

1. Penyobekan bendera Belanda

Saat perwakilan Indonesia melakukan perundingan dengan pihak Belanda yang berakhir ricuh, \Ploegman mengeluarkan pistol dan membuat dia tewas dicekik oleh Sidik di Hotel Yamato.

Sejumlah warga yang berada di luar kemudian masuk ke dalam, sedangkan Haryono dan Koesno Wibowo pergi ke atas Hotel Yamato dan berhasil menyobek bagian warna biru pada bendera milik Belanda yang hanya menyisakan warna merah putih.

2. Kematian Jenderal Mallaby

Jenderal Mallaby adalah pimpinan tentara Inggris yang tewas saat melakukan aksi seremonial dengan berjalan ke berbagai sudut kota untuk melihat situasi pada Oktober 1945.

Tetapi pada 30 Oktober 1945, perwira Kerajaan Inggris itu tewas di dalam mobil yang ditumpanginya setelah terbakar.

Baca juga: Pendataan Regsosek 2022 Jadi Acuan Kebijakan Pemkab Karawang

Meski begitu, mengenai penyebab kematian Jenderal Mallaby hingga saat ini masih menjadi perdebatan. Sumber lain mengatakan, dia tewas setelah aksi tembak menembak terhadap penduduk Surabaya.