Beranda Headline Pendataan Regsosek 2022 Jadi Acuan Kebijakan Pemkab Karawang

Pendataan Regsosek 2022 Jadi Acuan Kebijakan Pemkab Karawang

Pendataan Regrosek Karawang
Rapat koordinasi pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regrosek) tahun 2022 di Kabupaten Karawang. Foto/istimewa

KARAWANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karawang menggelar rapat koordinasi ihwal pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) tahun 2022 di Swis-Belinn Hotel Karawang, Rabu (21/9).

Rakor tersebut melibatkan unsur Forkopimda, organisasi perangkat daerah (OPD), hingga Camat.

Kepala BPS Karawang, Robert Ronytua Pardosi mengatakan, tujuan Pendataan Regsosek 2022 untuk menyediakan basis data penduduk berupa profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahterahaan.

“Regsosek 2022 menindaklanjuti instruksi Presiden untuk satu data seluruh masyarakat yang terintegrasi hingga tingkat kelurahan,” kata Robert.

Baca juga: Menuju UHC, Pemkab Purwakarta Targetkan Seluruh Penduduk Miliki Jaminan Kesehatan

Pendataan Regsosek bermanfaat untuk data perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Semisal turunnya bantuan sosial, maka penyalurannya akan lebih tepat sasaran.

Robert juga meminta dukungan dari berbagai pihak terkait Pendataan Awal Regsosek 2022.

Kami harapkan dukungan dari pemeringah darrah, instansi vertikal, pengelola apartemen, TNI/Polri untuk mendukung pendataan di lapangan,” harapnya.

Baca juga: DPRD Karawang Minta Pemkab Prioritaskan Perbaikan 900 Gedung Sekolah Rusak

Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, Acep Jamhuri berpesan kepada masyarakat agar terbuka dalam memberikan informasi untuk pendataan Regsosek 2022.

“Masyarakat harus terbuka. Jangan ada yang ditutup-tutupi. Pemda butuh informasi yang valid untuk memudahkan kita membuat kebijakan-kebijakan di waktu mendatang,” jelas Acep.

Ia juga meminta kepada BPS Karawang agar berkoordinasi intens dengan pemerintah daerah agar pendataan Regrosek menghasilkan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami meminta kepada seluruh stakeholder untuk mengawal pendataan Regrosek 2022 supaya data yang dihasilkan betul-betul sesuai dengan yang di lapangan,” katanya. (kii)