Beranda Karawang PSBB Berakhir Dewan Wacanakan Kunjungan Kerja ke 4 Kota

PSBB Berakhir Dewan Wacanakan Kunjungan Kerja ke 4 Kota

TVBERITA.CO.ID – Sepekan memasuki Adaptasi Kehidupan Baru (AKB), 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang ramai-ramai mengikuti uji rapid tes Covid-19.

Di mana uji rapid tes Covid-19 ini dilakukan untuk menjalani protokol kesehatan sebelum melakukan kunjungan kerja para wakil rakyat keluar daerah untuk pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

Dari pantauan TV Berita di lapangan, kegiatan Rapid test dilaksanakan di Gedung Galeri Kebudayaan Karawang, Jumat (4/7), yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang. Berbarengan dengan rapid test Bawaslu Kabupaten Karawang.

Kepada awak media, Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Pendi Anwar mengungkapkan bahwa tes tersebut merupakan salah satu persiapan sebelum berangkat kunjungan kerja ke luar daerah. Baik untuk studi komparasi maupun konsultasi setelah menyelesaikan 4 pansus rancangan peraturan daerah yang sedang dikerjakan DPRD.

“Hari ini kami 50 anggota DPRD dan 40 orang staf sekretariat menjalani rapid test, sebagai langkah antisipasi, sebelum melakukan kunjungan kerja ke 4 daerah baik didalam Provinsi Jabar maupun keluar provinsi,” tuturnya.

“Kebetulan juga status kita kan sudah AKB, dan kita juga baru memparipurnakan 4 Raperda yang sudah kita pansus-kan dan sudah mulai harus kita kerjakan,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut Pendi mengungkapkan, Pelaksanaan rapid test juga sebagai syarat  sebelum melakukan kunjungan bagi daerah yang akan dikunjungi anggota pansus  ke daerah tujuan, untuk menunjukkan surat hasil pemeriksaan bebas Covid-19 sebelum melakukan konsultasi dan konparasi. Dan berlakunya rapid test ini hanya 14.

“Jika 14 hari kedepan kita ada kegiatan lagi secara aturan kita harus menjalani rapid test lagi, dan mudah-mudahan kita semua sehat,” harapnya.

“Karena selama 4 bulan ini kegiatan anggota DPRD engga pernah ke mana-mana hanya bekerja di kantor, kita ikutin aturan dari dulu, bahkan ketika PSBB diperpanjang kita mengikuti aturan. Tetapi hari ini setelah AKB kita buat 4 pansus maka kita keluar daerah,” lanjutnya lagi menjelaskan.

Sementara itu ditemui di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang dr. Nanik Djojana mengatakan hari ini menggelar rapid test anggota DPRD Karawang beserta staff sekretaris dewan dan anggota Bawaslu Karawang yang akan melaksanakan pengawasan verifikasi faktual sebelum  turun ke lapangan.

“Target rapid test hari ini sekitar 250 orang yang terdiri dari anggota dewan, staf dewan, dan anggota Panwaslu,” kata Nanik. (nna/fzy)