Beranda Headline 16 Ribuan Pemilih Pemula di Karawang Belum Rekam e-KTP, Disdukcapil Jemput Bola...

16 Ribuan Pemilih Pemula di Karawang Belum Rekam e-KTP, Disdukcapil Jemput Bola ke Sekolah

Pemilih pemula karawang belum rekam e-ktp
Foto: ilustrasi pemilih pemula rekam e-KTP. (Ist)

KARAWANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang mencatat, sebanyak 16 ribu pemilih pemula belum rekam e-KTP jelang Pemilu 2024.

Kepala Bidang Pemanfaatan Data Disdukcapil Karawang, Torich Haerachman menyebutkan, menjelang Pemilu Februari 2024 setiap daerah sedang gencar melakukan rekam e-KTP, khususnya di kalangan pemilih pemula.

Di Kabupaten Karawang sendiri, Disdukcapil melakukan program rekam e-KTP keliling sekolah-sekolah tingkat SLTA di 30 Kecamatan.

Baca juga: Pemilu 2024 di Karawang, Ratusan Pemilih Pemula Dilatih Tangkal Hoaks

“2023 kemaren 48 sekolah, total siswa yang dilayani 3ribuan. Biasanya persekolah (rekam) 100 siswa,” ujarnya saat diwawancarai pada Jumat, 12 Januari 2024.

“Terakhir Januari data dari Kemendagri 18.090, sampai dengan kemarin menyisakan 16.436 yang belum rekam KTP,” tambahnya.

Maka dari itu, mulai awal tahun ini hingga 13 Februari 2024 mendatang Disdukcapil Karawang terus membuka pelayanan rekam KTP baik secara keliling maupun melalui kecamatan.

Baca juga: KPU Karawang Mulai Sortir-Lipat Surat Suara Pemilu 2024, Targetkan Selesai dalam 10 Hari

“Kemarin sudah 2 SMA di Cikampek, total yang dilayani 65 siswa. Biasanya 100 siswa persekolah, tapi mereka sudah banyak yang melakukan perekaman di Kecamatan. Kita akan kejar terus sampai 13 Februari,” katanya.

Ia mengajak kepada seluruh pemilih pemula di Kabupaten Karawang untuk segera melakukan perekaman KTP sebelum tanggal 14 Februari 2024.

“Khusus warga Karawang pemilih pemula, yok segera perekaman supaya bisa diurus hak pilihnya,” pungkasnya. (*)