Beranda Headline 25 Pelaku Pungli Ditangkap di Karawang, Ada yang Beroperasi di Pasar Sampai...

25 Pelaku Pungli Ditangkap di Karawang, Ada yang Beroperasi di Pasar Sampai Tempat Wisata

Pelaku pungli di karawang
Ilustrasi uang pungli. Foto: dok. Istimewa

KARAWANG – Praktik pungli pasca-libur Lebaran terbilang marak di Karawang, Jawa Barat. Setidaknya, ada 25 orang pelaku pungli yang diamankan oleh aparat berwenang.

“Kami telah menindak sebanyak 25 orang pelaku pungli dengan barang bukti uang tunai sejumlah Rp 516.000,” ungkap Ketua Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Unit Pelaksana Penindakan (UPP) Kabupaten Karawang, Kompol Prasetyo PN, kepada wartawan, Kamis (18/4).

Baca juga: DPRD Karawang Godok Perampingan OPD, 6 Dinas Digabung Jadi 3

Para pelaku pungli ini diamankan di sejumlah pusat keramaian, seperti pertokoan, pasar, terminal maupun tempat-tempat wisata.

Penyisiran para pelaku pungli dilakukan mulai 16-26 April 2024. Dengan demikian, tak menutup kemungkinan data para pelaku pungli akan terus bertambah.

Baca juga: Nekat Nyetir Mobil, Pelajar 16 Tahun Tabrak Lari 11 Mobil dan 2 Motor di Bekasi

Prasetyo bilang, modus yang dipakai pelaku pungli umumnya terkait penarikan uang parkir (liar) yang tidak sesuai ketentuan. “Mereka mematok tarif parkir seenaknya atau di luar ketentuan,” imbuhnya.

Saat ini, 25 orang yang diamankan itu telah dilakukan pembinaan oleh jajarannya.

“Tindak lanjut bagi pelaku pungli dilakukan pembinaan dibuatkan surat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi pungli. (*)