Beranda Berita Baik 5 Cara Olah Limbah Makanan Agar Tak Mubadzir, Bisa Jadi Biogas

5 Cara Olah Limbah Makanan Agar Tak Mubadzir, Bisa Jadi Biogas

5 cara olah limbah makanan
Foto: ilustrasi limbah makanan.

TVBERITA.CO.ID – Limbah makanan adalah salah satu permasalahan lingkungan yang kerap diabaikan.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa limbah makanan yang biasa dianggap sekadar sampah, nyatanya dapat diolah menjadi sesuatu yang berguna.

Dalam tulisan ini, penulis akan memberikan kiat-kiat kepada pembaca terkait 5 cara olah limbah makanan sehingga dapat dimanfaatkan secara baik.

1. Kompos

Salah satu cara yang paling umum untuk mengolah limbah makanan adalah membuat kompos. Kompos sendiri adalah campuran bahan organik yang telah terurai dan dapat digunakan sebagai pupuk tanaman.

Untuk membuat kompos dari limbah makanan, anda hanya perlu mengumpulkan sisa-sisa makanan seperti sayuran, kulit buah atau bahkan sisa nasi. Tempatkan semua limbah ini dalam tong kompos atau tumpukan kompos, lalu biarkan alam melakukan pekerjaannya. Dalam beberapa bulan, limbah makanan akan terurai menjadi kompos yang subur.

Baca juga: Bagaimana Cara Cairkan BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Paklaring?

2. Pengolahan Biogas

Selain kompos, limbah makanan juga dapat diolah menjadi biogas yang dapat digunakan sebagai sumber energi.

Prosesnya melibatkan fermentasi limbah makanan oleh bakteri khusus dalam kondisi anaerobik alias tanpa udara. Hasilnya adalah gas metana yang dapat digunakan untuk memasak atau menghasilkan listrik.

Biasanya pengolahan biogas ini memerlukan peralatan khusus. Meskipun begitu, cara ini dapat menjadi solusi yang berkelanjutan untuk memanfaatkan limbah makanan.

3. Pembuatan Produk Kreatif

Jangan salah, limbah makanan juga dapat disulap menjadi produk kreatif yang tentunya memiliki nilai jual. Misal kulit jeruk atau lemon dapat dijadikan potpourri atau sabun aromaterapi.

Contoh lain, sisa-sisa roti dapat diolah menjadi remah roti untuk digunakan dalam hidangan yang digoreng misalnya kentang goreng. Dengan kreativitas, limbah makanan dapat menjadi bahan baku untuk produk-produk yang unik.

Baca juga: 9 Tips Aman Hadapi Kemarau Panjang, Penting Agar Terhindar Risiko Penyakit

4. Donasikan atau Daur Ulang

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mendonasikan limbah makanan yang masih layak konsumsi kepada organisasi amal atau bank makanan.

Ini adalah salah satu cara baik untuk mengurangi pemborosan makanan dan membantu mereka yang membutuhkan.

Jenis limbahnya bukan berarti makanan sisa yang sudah tidak layak. Barang-barang seperti kardus bekas, bungkus makanan, plastik bekas juga termasuk limbah makanan yang sebetulnya dapat diolah (daur ulang) atau bahkan didonasikan.

5. Kurangi Pemborosan

Langkah terbaik dalam mengolah limbah makanan adalah mengurangi porsinya sebanyak mungkin. Belilah makanan secara bijak, porsi yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, untuk menghindari pemborosan anda juga bisa menyimpan makanan dengan benar.

Dengan mengikuti beberapa kiat di atas, anda dapat membantu mengurangi dampak negatif limbah makanan yang biasa mencemari lingkungan.

Mengolah limbah makanan adalah suatu langkah kecil berguna yang dapat kita lakukan untuk menjaga bumi kita agar tetap hijau dan sehat. (*)