KARAWANG – Nampaknya tak semua pebisnis UMKM gelagapan di tengah era digitalisasi. Ada pemasaran yang mengikuti perkembangan zaman, ada pula yang tetap eksis dengan cara lain.
Seperti halnya UMKM Pangga Snack Karawang, mereka kini sukses menjual produknya ke seluruh transretail di Indonesia. Bahkan produk UMKM asli Karawang ini tembus pasar ekspor hingga ke empat negara.
Direktur Utama Pangga Snack Karawang, Ade Wahyu menyebutkan, secara historis bisnisnya dimulai 4 tahun lalu sejak 2018. Pangga membina 9 pelaku UMKM dan memasarkannya ke pasar modern yang ada di Jawa Barat.
Baca juga: Ancaman Social Commerce Bikin Pengusaha Ciptakan Marketplace Khusus UMKM Karawang
“Awalnya hanya regional, 13 transretail di Jawa Barat kami jajaki, itu membawa produk temen-temen UMKM. Seiring berjalannya waktu, sekarang sudah tembus lebih dari 100 supermarket transretail di Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi, Kalimantan, NTT dan NTB,” ujarnya kepada tvberita.co.id, Kamis, 28 September 2023.
Ia menuturkan, cikal bakal Pangga bermula ketika ia dan rekannya bercita-cita membuat Pabrik Mangga. Selain itu, Ade ingin memanfaatkan potensi buah mangga melimpah yang ada di desa Jatidipala.
“Cikal bakalnya itu, saya mendapat inspirasi membuat wisata di Jatidipala tahun 2020. Kebetulan desa tersebut diproyeksikan menjadi sentra mangga, dari tahun 83 sekda Karawang saat itu menginisiasi penanaman pohon mangga hingga akhirnya desa tersebut identik dengan kampung mangga,” tuturnya.
“Kemudian saya melihat potensi, sangat disayangkan (buah mangga) ketika panen harganya jatoh. Akhirnya kami olah menjadi produk untuk menaikan harga jual,” tambahnya.
Karena produk ini terus berkembang, selain dipasarkan ke transretail produk Pangga juga tersebar di kota-kota pariwisata seperti Semarang, Magelang, Yogyakarta, Solo, Malang, Kota Batu hingga Bali.
Khusus di transretail, produk Pangga snack Karawang 4 tahun berturut-turut menjadi UMKM nasional nomor satu di Transmart Indonesia.
Baca juga: Berkah Pertunjukan Air Mancur Menari di Purwakarta, Pelaku UMKM Raup Omzet Rp 1,7 M
“Dikota-kota tersebut sudah ada 102 toko yang bermitra dengan kami dan kami 4 tahun berturut-turut menjadi UMKM nomer 1 Transmart mulai tahun 2019, 2020, 2021, 2022,” kata Ade.
Direktur Operasional Pangga Snack Karawang, Meryndah Putri menyampaikan, bulan November yang akan datang produk UMKM miliknya sedang disiapkan untuk tembus pasar ekspor Malaysia, Turki, Dubai dan Australia.
Produk UMKMnya ada 32 varian dan khusus jenis buah ada 7 varian yakni mangga, nangka, nanas, apel, labu, pisang dan salak.
“Sudah rilis untuk eskpor ke luar negeri lewat UGM yang memfasilitasi, tanggal 3 ke Malaysia, 15 ke Turki, 18 ke Dubai, 10 Desember ke Australia,” ujarnya.
“Ke Malaysia ngirim 500 pcs/varian, Turki 1.150 pcs/varian, Dubai 1.800 pcs/varian dan Australia 2.500 pcs/varian,” pungkasnya. (*)