Beranda Headline Cerita Adam, Siswa SMA di Karawang Peraih Juara Dunia Olimpiade Matematika

Cerita Adam, Siswa SMA di Karawang Peraih Juara Dunia Olimpiade Matematika

Siswa karawang juara dunia matematika
Siswa SMA IT Al Irsyad Karawang menjadi juara dunia olimpiade matematika atau World International Mathematical Olympiad (WIMO) Final 2023.

KARAWANG – Kabar membanggakan datang dari Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Siswa SMA IT Al Irsyad Karawang menjadi juara dunia olimpiade matematika atau World International Mathematical Olympiad (WIMO) Final 2023.

Dalam kompetisi bertaraf internasional yang dihelat di Universitas Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia pada 6-7 Januari 2024 itu, Adam berhasil meraih medali emas (gold award) dalam kategori Senior Secondary Group.

Olimpiade WIMO sendiri diikuti oleh peserta dari berbagai negara, di antaranya Kazakhstan, Ukraina, Vietnam, Myanmar, Iran, Thailand, Indonesia, Bulgaria, China, Singapapura, Hong Kong, Filipina, Malaysia serta Kyrgyzstan.

Baca juga: Menyandang Status Cagar Budaya, Kepsek Berharap SDN Pisangsambo 1 Karawang Segera Direvitalisasi

Mengutip Kumparan, Adam menuturkan, keikutsertaannya di olimpiade matematika WIMO sebetulnya merupakan kali ketiga. Dia sebelumnya pernah menjajal kemampuan di ajang tersebut pada tahun 2021 dan 2022, namun hanya meraih perunggu.

Rasa penasaran pun terus menuntun Adam agar menjadi yang terbaik. Siang malam ia kerap mengulas kembali sejumlah materi yang diujikan dalam olimpiade, seperti logical thinking, kombinatorik, geometri, number theory, maupun aljabar.

Hingga akhirnya, berkat dukungan penuh orang tua dan pihak sekolah, ia mampu melahap semua materi dalam WIMO 2023 dengan nilai terbaik dan dinobatkan sebagai juara.

Siswa karawang juara dunia matematika
Siswa SMA IT Al Irsyad Karawang menjadi juara dunia olimpiade matematika atau World International Mathematical Olympiad (WIMO) Final 2023.

Dia bercerita, ketika namanya diumumkan sebagai juara, Adam mengaku sangat grogi. Bukan apa-apa, ia mengaku tak terbiasa dengan sorot kamera.

Baca juga: Kejari Karawang Musnahkan Barang Bukti 99 Perkara, Ini Daftarnya

“Kayaknya lebih gugup saat ke depan podium daripada waktu lombanya, soalnya saya tau pasti disorot kamera, jadi lumayan malu,” katanya.

Selain itu, Adam yang kini sudah duduk kelas XI ini mengaku sudah mempersiapkan ke mana ia akan melanjutkan pendidikan ketika lulus nanti.

Rencananya, dia akan bertolak ke negeri tirai bambu untuk mengambil beasiswa di Chinese University of Hongkong (CUHK). “Alhamdulillah karena juara WIMO 2023, ada beasiswa full dari CUHK, insyaallah nanti mau kuliah di sana,” ujarnya.