Beranda Headline Cerita Oland PH Sibarani, Dulu Wartawan Kriminal, Kini Jadi Bos Perusahaan Limbah...

Cerita Oland PH Sibarani, Dulu Wartawan Kriminal, Kini Jadi Bos Perusahaan Limbah Medis

Perusahaan limbah medis di karawang
Komisaris PT Kelola Lingkungan Selaras (KLS), Oland PH Sibarani.

KARAWANG – Sosok Oland PH Sibarani di kalangan jurnalis di Kabupaten Karawang bukanlah orang asing. Dia dikenal sebagai wartawan senior yang punya rekam jejak ciamik dalam dunia kewartawanan.

Belakangan, mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Karawang dua periode ini getol merambah lini bisnis lain. Dia saat ini sukses mengelola perusahaan transporter limbah medis antarpulau skala nasional dengan jabatan Komisaris di PT Kelola Lingkungan Selaras (KLS).

Dia bilang, dalam menekuni bisnis transporter ini butuh waktu panjang. Dia harus babad alas Pulau Sulawesi untuk menempatkan jaring-jaring bisnisnya.

Baca juga: Meriahnya Riung Mumpulung Kemenag Karawang Bersama Ratusan Purnakarya

Tidak jarang, dia harus melakoni suka duka dalam menempuh bisnis tersebut.

“Motivasi saya menjalankan bisnis ini bukan hanya untuk saya pribadi dan keluarga saya. Tapi, saya merasa dibalakang saya masih ada teman-teman wartawan yang membutuhkan. Jadi, bagi temen-temen wartawan yang sudah purna saya juga membuka kesempatan untuk bergabung,” kata Oland PH Sibarani saat pembukaan kantor PT KLS di Ruko Bizpark Jl. Interchange Karawang Barat, Selasa, 9 Januari 2024.

Perusahaan limbah medis di karawang
Peresmian kantor baru perusahaan transporter limbah medis PT KLS di Ruko Bizpark Jl. Interchange Karawang Barat, Selasa, 9 Januari 2024.

Banyak pihak yang menyebutkan, bermodal mental baja dibalut dengan prinsip yang kuat menjadi kunci keberhasilan Oland PH Sibarani dalam menjalankan bisnisnya.

Baca juga: Terlibat Cinta Segitiga, Pria di Karawang Dibacok-Ditembak Pistol Listrik

Atas karakter yang kuat itu juga, Oland PH Sibarani dipercaya oleh kalangan pers di Jawa Barat menjadi Ketua Dewan Kehormatan PWI Jawa Barat.

Di tempat yang sama, saat pembukaan kantor PT. Kelola Lingkungan Selaras, CEO PT. Tenang Jaya Group, H. Tulus Widodo juga mengungkapkan ketekunan, mental baja dan prinsip yang kuat memang melekat terhadap pribadi Oland PH Sibarani.

Baca juga: Teknologi AI Menjamah Jurnalistik, DK PWI Jabar: Tetap Kedepankan Kode Etik

“Dari penglihatan saya, dia (Oland) merupakan orang yang tekun dan sangat kuat memegang prinsip. Dia juga sangat ego, tapi egonya dia untuk sebuah kebenaran. Itu yang membuat saya salut dan menjadi modal keberhasilan dia,” katanya.

“Tapi, jangan puas atas kesuksesan yang dicapai sekarang. Masih banyak pencapajan yang harus diraih,” sambung Tulus Widodo.

Diketahui, H Tulus Widodo, CEO PT. Tenang Jaya Group merupakan mentor serta Tenang Jaya merupakan perusahaan induk tempat Oland PH Sibarani menjajaki bisnis pengelolaan limbah.

Sebelum menjadi Komisaris PT. Kelola Lingkungan Selaras, Oland PH Sibarani juga sempat mendirikan PT. Loyalitas Teje Group yang kini ditinggalkannya. (*)