Beranda Ekonomi Demi Iklim Investasi Kondusif, Karawang Bangun Area Aspirasi di Zona Industri

Demi Iklim Investasi Kondusif, Karawang Bangun Area Aspirasi di Zona Industri

Area aspirasi di industri karawang
Kabupaten Karawang dijadikan pilot project pembangunan Area Aspirasi di wilayah industri se-Indonesia.

KARAWANG – Kabupaten Karawang dijadikan pilot project pembangunan Area Aspirasi di wilayah industri se-Indonesia. Area ini dikhususkan untuk menampung aspirasi masyarakat, dan terletak di wilayah Karawang Internasional Industrial City (KIIC).

Direktur KIIC, Sanny Iskandar menyebutkan, pembangunan area aspirasi ini diinisiasi oleh 3 unsur yakni; Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, Polres Karawang dan pihak KIIC.

“Ide ini tercetus oleh Kapolres bersama Pemerintah Daerah. Saat itu kami berbincang, akhirnya menemukan kesepakatan bahwa perlu dibangun suatu area aspirasi untuk masyarakat menyalurkan pendapat,” ujarnya kepada wartawan usai peletakan batu pertama area aspirasi pada Kamis, 30 Mei 2024.

Baca juga: Thailand Masuk Daftar 5 Negara Dengan Tingkat Pengangguran Terendah di Dunia

Ia menerangkan, area aspirasi ini dibangun seluas 1,3 hektare dilengkapi beberapa fasilitas infrastruktur dari mulai gerbang area, ruang mediasi dan ruang jaga, toilet, panggung dan atap, lapangan demo, parkir kendaraan, perkerasan sisi slope dan pagar panel.

“Harapannya 2-3 bulan kedepan sudah rampung bangunan dan semua sarananya,” terangnya.

Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono menyampaikan, area aspirasi ini akan bermanfaat bagi investor dan masyarakat.

Baca juga: Jurnalis Demo di Depan Gedung DPRD Karawang: Tolak Revisi UU Penyiaran, Pertahankan Kebebasan Pers

Jadi, ketika ada permasalahan seputar industri atau ketenagakerjaan, pihak-pihak bersangkutan bisa menyelesaikan masalah di area aspirasi ini.

“Karawang sudah mulai menciptakan iklim investasi yang baik dengan menghubungan masyarakat dengan investor. Hubungan keduanya harus baik,” katanya.