Beranda Headline Jurnalis Demo di Depan Gedung DPRD Karawang: Tolak Revisi UU Penyiaran, Pertahankan...

Jurnalis Demo di Depan Gedung DPRD Karawang: Tolak Revisi UU Penyiaran, Pertahankan Kebebasan Pers

Jurnalis karawang revisi uu penyiaran
Sejumlah jurnalis Karawang menggelar demonstrasi menolak Revisi UU Penyiaran.

KARAWANG – Ratusan Jurnalis di Kabupaten Karawang menggelar aksi demonstrasi di depan gedung DPRD Karawang. Massa demonstran menolak Revisi Undang-undang (UU) Penyiaran yang akan disahkan oleh DPR RI.

Pasalnya, Revisi UU Penyiaran dinilai akan memenjarakan kebebasan pers, utamanya karena salah satu pasal yang melarang jurnalisme investigasi.

Aksi unjuk rasa itu diikuti oleh forum gabungan jurnalis yang terdiri dari IJTI, PWI, SMSI, AJIB, INPERA, MOI, MIO INDONESIA, SWI, JAWARA serta didukung juga oleh BEK Fakultas Hukum UBP dan Aktivis Karawang.

Baca juga: OOTD! Deretan Style Sweatshirt Artis Korea yang Bisa Kamu Coba

Berdasarkan pantauan, ratusan massa telah berkumpul pada Rabu (29/5) sejak pukul 9.30 WIB di depan Stadion Singaperbangsa Karawang. Mereka kemudian beramai-ramai menyuarakan aspirasi ke depan Gedung Pemda kabupaten Karawang.

Ada 5 tuntutan yang mereka layangkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), antara lain; pertama, kebebasan pers harus dipertahankan. Kedua, pers diperlukan dalam rangka pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Baca juga: Usai Dipanggil Jokowi ke Istana, Nadiem Umumkan UKT Batal Naik Tahun Ini

Ketiga, dalam draf Revisi UU Penyiaran terdapat pasal yang berpotensi memberangus kebebasan pers. Keempat, digarisbawahi ada 3 klausul pasal krusial yakni Pasal 8 dan 42 soal adanya lembaga lain selain dewan pers dalam penanganan sengketa pers dan Pasal 50 soal pemberantasan jurnalisme investigasi.

“Ini sangat menggelitik, investigasi itu roh dari jurnalistik, tanpa itu ya gak ada jurnalistik. Makanya kita pers Karawang, tolong berikan pesan kepada Dewan Pusat. Ini serius,” ujar Ketua SMSI Karawang, Suhlan di ruang DPRD Karawang pada Rabu, 29 Mei 2024.