Beranda Regional Demokrat, Gerindra & PPP Setuju Anggaran Sound System Rp 4,5 M

Demokrat, Gerindra & PPP Setuju Anggaran Sound System Rp 4,5 M

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Pengadaan sound system lengkap dengan satu set peralatan panggung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang masih menjadi kontroversi. Bahkan pengadaan yang nominalnya mencapai Rp. 4, 5 miliar tersebut jadi perbicangan anggota DPRD Karawang.

Pendi Anwar Ketua Fraksi Partai Demokrat. Pendi mengaku setuju dengan pengadaan sound system tersebut. Namun yang penting proses pembelian dan pemakaiannya harus transparan dan dirawat sebaik-baiknya.

Karena, alat-alat tersebut sangat dibutuhkan untuk kegiatan gelar budaya keliling kecamatan dan untuk event-event pemda yg selama ini selalu menyewa kepihak ketiga.

“Jadi jelas bermanfaat dan penting sekali. Karena kita tidak perlu lagi repot – repot menyewa, karena sudah punya alat sendiri. Masalah mahal apa tidak saya yakin ada standarisasi harga, karena ini barang umum,”ujarnya.

Senada dengan Pendi, Dedi Rustandi, Sekretaris Fraksi PAS yang merupakan gabungan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadikan Sesejahtera (PKS). Dedi menyampaikan dirinya yang juga tergabung dalam tim badan anggaran DPRD Kabupaten Karawang menyetujui dari hasil kesepakatan yang sudah melalui pembahasan yang cukup panjang.

Bahkan, lanjut politisi PPP ini, hal tersebut tertuang dalam RPJMD Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021yang salah satu bagiannya adalah meningkatkan sektor pariwisata.

“Jadi kami setuju, karena alat ini multiplayer yang dapat meningkatkan PAD dan ekonomi masyarakat di sektor pariwisata. Sekarang hanya tinggal kita sama – sama awasi sesuai atau tidak antara perencanaan, kontrak dan fisiknya,”paparnya.

Danu Hamidi, Ketua Fraksi Partai Gerindra menyampaikan dukungannya. Menurutnya, pembelian alat – alat tersebut jelas urgensinya untuk masyarakat seni dan budaya, sedang untuk masyarakat umumnya dapat menikmati kreatif seninya.

Meski begitu, dirinya menegaskan akan terus mengawasi dari pengadaannya benar tidak, kemudian nilai manfaatnya, apakah dengan anggaran yang besar itu mampu mendorong kebudayaan dan kesenian Kabupaten Karawang menjadi lebih baik atau tidak, atau hanya menjadi pemborosan anggaran.

“Saya setuju ya, tapi tetap harus diawasi jangan sampai buang-buang uang, tetapi program kreativitas seni budaya di Karawang tidak berkembang,”imbuhnya.(cr2/ds)

Pengadaan di Disparbud Karawang:
• Panggung Pentas Rp. 499 Juta
• Sound System Rp. 2,1 Miliar
• Lighting Rp. 720 Juta
• Alat Musik Modern Rp. 350 Juta
• Alat Pentas Rp. 483 Juta.
• Pengadaan mobil pengangkut