Beranda Karawang Disparbud Karawang Gelar Audisi Gita Bahana Nusantara, Ini Tujuannya

Disparbud Karawang Gelar Audisi Gita Bahana Nusantara, Ini Tujuannya

Disparbud audisi gita bahana nusantara
Disparbud Karawang menggelar audisi Gita Bahana Nusantara.

KARAWANG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang menggelar audisi Gita Bahana Nusantara untuk mencari perwakilan daerah dalam paduan suara tingkat nasional.

Kegiatan tersebut melibatkan komunitas Karawang Golden Memories (KGM) dan audisinya diselenggarakan di Aula Disparbud Karawang pada Rabu (14/3).

Subkoor Kesenian Disparbud Karawang, Waya Kamila menerangkan, audisi Gita Bahana Nusantara ini menjaring remaja usia 16 sampai 23 tahun.

Baca juga: Ikuti Lomba APPI 2023, Disparbud Karawang Minta Dukungan Masyarakat

Nantinya, mereka akan ditampilkan di paduan suara nasional pada 17 Agustus 2023 di istana negara.

“Dari audisi ini kita mencari 4 orang dari Karawang untuk dikirim ke Jawa Barat. Nanti dari Jawa Barat ada seleksi lagi,” jelasnya.

Waya memaparkan, audisi dibagi menjadi dua kloter dari total pendaftar sebanyak 70 orang. Nantinya dari dari 70 orang tersebut akan dipilih 4 orang saja untuk dikirimkan ke Provinsi.

“Nanti tanggal 17, 4 orang ini nanti datanya dikirim ke Provinsi, seleksinya di Bandung. Jadi belum tentu lolos, Provinsi hanya ngambil 27 orang (1 kelompok) saja,” paparnya.

Baca juga: Disparbud Jabar Gagas Candi Jiwa Karawang Jadi Destinasi Wisata Hits dan Kekinian

Di samping itu, Waya juga mengatakan 4 orang tersebut dipilih berdasarkan kategori suara. Karena dalam paduan suara sendiri, ada 4 jenis suara yakni; sofran, tenor, bass dan alto.

“Jadi nanti diambil 4 orang perempuan dan laki-laki, unsur yang mengikuti di sini sekarang pelajaran dan mahasiswa,” katanya.

Ia menambahkan, audiensi kali ini dilaksanakan serentak di 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. Diharapkannya perwakilan dari Karawang ada yang lolos seleksi dan ikut mentas di istana negara pada 17 Agustus 2023 mendatang.

“Mudah-mudahan Karawang ada yang lolos mewakilkan Jawa Barat di tingkat nasional pas upacara kemerdekaan. Setidak-tidaknya ada perwakilan satu,” pungkasnya. (*)