Beranda Karawang Disparbud Jabar Gagas Candi Jiwa Karawang Jadi Destinasi Wisata Hits dan Kekinian

Disparbud Jabar Gagas Candi Jiwa Karawang Jadi Destinasi Wisata Hits dan Kekinian

Candi jiwa karawang
Kompleks cagar budaya Candi Jiwa di Batujaya Karawang jadi tempat yang asyik buat bersantai keluarga. (Foto/istimewa)

KARAWANG – Candi Jiwa yang terletak di Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang disiapkan sebagai pengembangan destinasi wisata di Jawa Barat.

Hal itu menyusul bangunan dengan nilai sejarah tinggi itu memiliki potensi menarik yang siap dikembangkan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar menuturkan, konsep yang dibangun dimungkinkan menjadi daya tarik baru bagi candi di tengah persawahan itu.

“Konsep yang nantinya dibangun bisa menjadi daya tarik sendiri, apalagi kami merencanakan pembangunan destinasi wisata malam dengan permainan lampu dan sebagainya,” ujarnya, mengutip ANTARA, Minggu (12/3/2023).

Baca juga: Menjaga Ketahanan Pangan ala Desa Sukaluyu Karawang

Aset berharga Jawa Barat

Menurut Benny, digagasnya pengembangan candi tersebut adalah suatu upaya untuk menjadikannya sebagai lokasi yang tak hanya untuk mempelajari sejarah tetapi juga menjadi tempat yang hits untuk dikunjungi.

“Apabila dikaji, Candi Jiwa sudah ada pada abad ke-5 Masehi dan menjadi candi tertua di Indonesia. Tentunya, ini jadi sebuah aset yang berharga bagi Jawa Barat,” terang Benny.

Ini berdasarkan monitoring yang dilakukan, bahwa di samping memiliki usia yang sangat tua, Candi Jiwa Karawang juga memiliki potensi yang bisa dikembangkan lebih lanjut.

“Beberapa waktu lalu, kami melakukan monitoring ke Candi Jiwa untuk meninjau potensi wisata yang terdapat dalam kompleks cagar budaya tersebut,” katanya.

Diharapkan keberadaan candi tersebut bisa membantu terangkatnya wisata di sekitar seperti Rengasdengklok, Pulau Putri sampai Pantai Pakis. Dimungkinkan ketika pariwisata tersebut bangkit, keberadaan UMKM juga akan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

Digarap mulai tahun 2024

Diungkap Benny, penambahan fasilitas sendiri rencananya akan dimulai pada tahun 2024 mendatang. Namun, sebelumnya akan dilakukan kajian secara mendalam terlebih dahulu.

Baca juga: Fenomena Migrasi Raptor di Sanggabuana Karawang Bisa Jadi Potensi Wisata

“Kita sudah berdiskusi terkait konsep pembangunan Candi Jiwa. Ini dalam konteks kolaborasi antara pemerintah pusat melalui Kementerian Kebudayaan yang diwakili oleh balai, juga Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Karawang,” kata Benny

Adapun kawasan tersebut merupakan kompleks sisa kejayaan Buddha Kuno di wilayah Karawang. Lokasi itu memiliki desain yang unik, yakni berundak dan mirip bunga Teratai jika dilihat dari atas.

Keunikan lainnya, candi tersebut tidak dibuat dari susunan batu, melainkan dari kepingan batu bata yang masih dijaga dan dirawat keasliannya. Kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi religi yang cocok dikunjungi saat akhir pekan. (*)