Beranda Headline Gerak Cepat BPN Karawang Awali Program PTSL 2022

Gerak Cepat BPN Karawang Awali Program PTSL 2022

BPN Karawang saat menggelar sosialisasi PTSL.

KARAWANG – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Karawang menargetkan 57.000 bidang tanah akan disertipikat dalam program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di tahun 2022 ini.

Program PTSL tersebut menyasar 69 desa dalam 10 kecamatan di Kabupaten Karawang.

Meski memasuki awal tahun 2022, BPN Karawang mulai bergerak cepat untuk mensosialisasikan sertipikasi tanah untuk 69 desa tersebut.

Ketua tim PTSL 4 BPN Karawang, Apansah menerangkan, pihaknya secara aktif mensosialisasikan kaitan program PTSL di 2022 ini.

Baca juga: Awal 2022, BPN Karawang Siap Canangkan Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM

Untuk tim 4 sendiri, kata dia, ditargetkan sebanyak 12.616 bidang tanah yang akan disertipikat. “Kalau kami (tim PTSL 4) kebagian di seluruh desa di kecamatan Kutawaluya, berikut 3 desa di kecamatan Cibuaya,” tuturnya.

“Alhamdulillah kita sudah turun sosialisasi dan antusiasmenya terkait PTSL ini tinggi. Kebetulan hari ini kita baru tuntas melaksanakan sosialisasi di 3 desa di kecamatan Cibuaya, yakni di desa Pejaten, Jayamulya dan Kebun Jeruk,” sebut Apansah, Kamis (27/1).

Dalam sosialisasi tersebut, pihaknya juga menyasar masyarakat untuk hadir secara langsung. “Jadi tidak hanya kepala desanya saja. Jadi kalaupun ada kendala di lapangan, dari sosialisasi itu bisa terjawab,” lanjutnya.

Baca juga: Tercepat se-Nasional, BPN Karawang Cuma Butuh 35 Hari Selesaikan Sertipikat Tanah Adat

Ditambahkannya, sebetulnya untuk tahapan pasca sosialisasi itu sudah berjalan. Sebab, demi suksesi PTSL, pihaknya tidak mau terlalu lama mengulur-ulur waktu.

“Sebetulnya memang sosialisasi ini kegiatan prematur. Pengambilan fisik dan pengukuran yuridis kita sudah jalan. Jadi kita kejar waktu lah supaya ritmenya terus terjaga,” kata Apansah.

Ia juga mengimbau bagi masyarakat yang tanahnya termasuk dalam target lokasi, agar segera mendaftarkan tanahnya menjadi sertipikat. “Silakan bagi masyarakat yang masuk wilayah sasaran segera mendaftar ke desanya masing-masing,” tutupnya.

Diketahui, BPN Karawang membagi 5 tim ajudikasi untuk program PTSL ini, di mana setiap tim sudah memiliki area kerjanya masing-masing. Adapun 10 kecamatan yang jadi sasaran diantaranya; Kecamatan Cibuaya, Tirtajaya, Cilebar, Pedes, Cilamaya Wetan-Kulon, Lemahabang, Pedes, Batujaya dan Kutawaluya. (kii)