Beranda Headline Harga Minyak Goreng Curah di Karawang Naik Lagi, Kini Tembus Rp18 Ribu...

Harga Minyak Goreng Curah di Karawang Naik Lagi, Kini Tembus Rp18 Ribu per Liter

ilustrasi minyak goreng curah. (foto/istimewa)

KARAWANG – Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karawang Gery S. Samrodi mengatakan, harga minyak goreng curah di sejumlah pasar di Karawang di kisaran Rp18.000 per liter.

Harga tersebut berbeda jauh dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp 14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram sesuai surat edaran nomor 9 tahun 22.

“Masih 18.000 di beberapa pasar tradisional di Karawang,” imbuh Gery saat ditemui tvberita.co,id, Jumat (18/3/2022).

Baca juga: Sidak Distributor Minyak Goreng, Kapolres Karawang Minta Penjualan ke Agen Diperketat

Masih tingginya harga tersebut, kata dia, lantaran surat edaran yang ditetapkan sejak 16 Maret 2022 itu masih dalam tahap penyesuaian.

Akan tetapi pihaknya mengaku akan terus melakukan pengawasan bersama dengan pihak-pihak terkait, termasuk kepolisian dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

“Kami berharap saat bulan puasa harga sudah turun,” kata dia.

Baca juga: Manfaatnya Belum Merata, Operasi Pasar Minyak Goreng Mesti Diperluas

Diketahui, dalam Surat Edaran Menteri Perdagangan Nomor 9 tahun 22 tentang Relaksasi Harga Minyak Goreng Sawit Kemasan Sederhana dan Premium, harga minyak goreng kemasan menyesuaikan mekanisme pasar. Artinya menyesuai harga minyak CPO dunia.

Surat edaran itu berlaku sembari menunggu Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 6 Tahun 2022, yang sebelumnya mengatur HET minyak goreng kemasan Rp 14 ribu per liter dicabut. Relaksasi ini bertujuan agar minyak goreng kemasan tak langka menjelan bulan suci Ramadhan. (kii)

Artikel sebelumnyaBPJS Ketenagakerjaan-HIPMI Karawang Siap Sukseskan Program MLT Perumahan
Artikel selanjutnyaRSKP Karawang Terima Kunjungan Tim Monev Kemenkes RI