Beranda Karawang Hasil Survei, Tingkat Gemar Membaca Warga Karawang Alami Kenaikan

Hasil Survei, Tingkat Gemar Membaca Warga Karawang Alami Kenaikan

Gemar membaca warga karawang
Disperpusip bekerjasama dengan akademisi merumus nilai Tingkat Gemar Membaca (TGM) Kabupaten Karawang tahun 2023 naik 10 angka dibandingkan tahun sebelumnya, dari 43,92 menjadi 53,30.

KARAWANG – Nilai Tingkat Gemar Membaca (TGM) warga Kabupaten Karawang tahun 2023 naik 10 angka dibandingkan tahun sebelumnya, dari 43,92 menjadi 53,30.

Survei TGM ini berbasis penelitian kuantitatif, dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) bekerjasama dengan akademi Universitas Padjajaran (UNPAD).

Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan, mulai pada Oktober (persiapan penelitian), November (pelaksanaan penelitian) dan Desember (penyelesaian penelitian).

Baca juga: Bangga! UBP Karawang Raih Penghargaan Hak Kekayaan Intelektual dari Kemendikbudristek

Ketua Tim TGM Akademisi UNPAD, Asep Saeful Rohman S.Sos. M.I.Kom memaparkan hasil penelitian, dari total 2,5 juta jiwa penduduk Kabupaten Karawang, pihaknya melakukan survei menggunakan rumus lovin.

“Rumus yang dipake TGM rumus lovin, menghitung jumlah populasi yang ada dan lovin yang diperoleh 399 dibulatkan menjadi 400 responden. 400 ini dicari dari berbagai tempat (random sampling), data yang masuk lebih dari 1000, kemudian dikelompokkan berdasarkan kelompok usia 10-69 saja yang dipakai,” ujarnya kepada tvberita.co.id pada Jumat, 15 Desember 2023.

Asep menerangkan, idealnya menghitung tingkat gemar membaca menggunakan sensus (lapangan). Karena terkendala anggaran dan SDM, menggunakan jenis penelitian tersebut, 400 responden dianggap sudah mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Karawang.